Banner Perpustakaan

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (32)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (32)

Jalan ke arah Danau Dendam Tak Sudah ini memiliki panorama yang indah -Azmaliar Zaros-

 

32. Kelurahan Panorama

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected]. Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 

Inilah Daerah Bengkulu dengan Pemandangan Indah

 


Inilah Kantor Lurah Panorama-Azmaliar Zaros-

PANORAMA ini juga termasuk nama yang unik. Nama yang dikukuhkan sebagai nama kelurahan di Kota Bengkulu itu masuk dalam wilayah Kecamatan Singaran Pati. Kenapa daerah ini dinamakan Panorama? Bagaimana ceritanya sampai disebut Panorama? Untuk itu,  baca terus laporan eksklusif wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID berikut ini.

 

AZMALIAR ZAROS, Kota Bengkulu

 

PANORAMA ini, kata tokoh masyarakat Panorama, Sjech Ramli merupakan bagian dari Kelurahan Jembatan Kecil dahulunya. Namun karena adanya pemekaran wilayah tahun 1981, daerah Jembatan Kecil ini dipecah jadi dua kelurahan. Yaitu, Kelurahan Jembatan Kecil dan Panorama.

Meskipun daerah ini dikukuhkan sebagai Panorama tahun 1981 itu, lanjut bapak yang lahir di Bengkulu tanggal 12 Juli 1937, namun nama Panorama itu sudah lama ada. Hanya saja, waktu itu namanya masih bersifat Dusun Panorama yang masuk  Kelurahan Jembatan Kecil.

Kenapa dinamakan Panorama? Asal usul dinamakan daerah ini Panorama itu, lanjutnya, karena daerah ini termasuk indah pemandangannya. Terutama jalan menuju ke arah Danau Dendam Tak Sudah. Karena jalannya menurun, menikung, mendatar, mendaki, mendatar, menurun, menikung yang dikiri kanannya banyak pohon dan hutan alami.

Keindahan itu semakin terasa kalau kita sudah sampai di Danau Dendam Tak Sudah. Karena, disana panorama alamnya semakin indah. Sebab di danau itu dahulu kita bisa melihat bunga anggrek dan bunga bakung. Bunga itu indah sekali kalau ditimpa sinar matahari pagi.

Jalan menuju Danau Dendam Tak Sudah ini dahulu, paparnya, alamnya memang indah. Karena, pohonnya masih banyak menghijau. Burung-burung juga masih banyak berkicau. Kalau kita lewat pagi hari di daerah ini, hati kita akan senang melihat alamnya yang indah tersebut. Apalagi bila matahari sudah memancarkan sinarnya. ‘’Kalau matahari sudah terbit di pagi hari, maka  panorama alamnya semakin indah,’’jelas pensiunan kantor Lurah Panorama tahun 1993 yang tinggal di Jln. Danau RT 2 No 9 RW 1 Panorama ini.

Karena alamnya yang indah itu, maka warga menyebut daerah ini dengan nama Panorama. Nama itu menyebar dari mulut ke mulut. Sehingga akhirnya populerlah daerah ini dengan sebutan Panorama. Akibat populernya nama Panorama ini, maka pada saat pemekaran Kelurahan dahulu, maka daerah ini diusulkan dengan nama daerah Panorama saja. Usulan itu diterima dan kemudian ditetapkanlah secara resmi oleh pemerintah.

Kelurahan Panorama ni memiliki luas 293 hektare.  Daerah ini memiliki 29 Rukun Tetangga (RT) dan 9 Rukun Warga (RW).

Letak daerah ini,  sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Kebun Tebeng. Sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Lingkar Timur. Sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Jembatan Kecil  dan sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Dusun Besar.

Penduduknya juga beragam. Ada penduduk Bengkulu asli, Lembak, Serawai, Rejang Lebong,  Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Tionghoa keturunan.

Mata pencahariannya juga bermacam-macan. Ada pedagang, ada PNS, karyawan swasta, pengusaha, petani. Para petaninya termasuk produktif. Karena di daerah ini ada irigasi . Mereka bisa bercocok tanam 2 kali dalam setahun.Persawahan yang mereka garap itu ada 100 hektare.

Daerah ini juga memiliki berbagai fasilitas. Seperti , SD, SMP, Kantor Lurah, Pustu, BLK, kantor Pos, Pasar Panorama.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: