Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (59)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (59)

Inilah muara tempat pertemua dua sungai yang dimiliki Kelurahan Muara Dua-Azmaliar Zaros-

 

59. Kelurahan Muara Dua

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.ONLINE.COM, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected]. Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)


Gapura Selamat Datang di Kelurahan Muara Dua-Azmaliar Zaros-

 

Daerah Yang Memiliki  Dua Muara Sungai 

 

MUARA DUA ini juga ini juga nama yang unik. Nama yang dikukuhkan sebagai nama Kelurahan di Kota Bengkulu itu masuk dalam wilayah Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Bagaimana ceritanya sampai disebut Muara Dua itu? Untuk itu,  baca saja laporan eksklusif wartawan RADARBENGKULUONLINE.COM berikut ini.

 

AZMALIAR ZAROS, Kota Bengkulu

 

Kelurahan Muara Dua ini kata Ketua Adat Pagar Dewa, Sofyan Juned, merupakan kelurahan baru di Kota Bengkulu. Kelurahan ini merupakan pemekaran dari Kelurahan Pagar Dewa. Pagar Dewa itu, daerahnya luas sekali.  Kemudian, kebetulan dipecah jadi tiga kelurahan. Yaitu, Kelurahan Pagar Dewa, Sumur Dewa dan Muara Dua. 

Sedangkan mengenai asal usul dinamakan Kelurahan Muara Dua itu, lanjut bapak yang lahir di Pagar Dewa  bulan Juni 1947, karena daerah ini memiliki dua buah muara sungai. Yaitu sungai Jenggalu dan Sungai Paduan yang bermuara di laut.

Sungai Paduan itu adalah pertemuan Muara Sungai Air Rupat  di RT 39 dan RT 42. Dan Sungai Nangkak Nangkir di RT 33 Pagar Dewa di Jembatan dekat Lapangan golf.

Karena adanya pertemuan dua muara sungai yang bertemu di laut, dekat jembatan Muara Dua, akhirnya warga menamakan daerah ini dengan nama Muara Dua.

BACA JUGA:Reses Suprianto, Warga Mengadu Masalah Drainase, Lampu Jalan , PPDB dan Bansos

Nama Muara Dua ini sudah lama. Jauh sebelum dia lahir di Pagar Dewa, nama itu memang sudah ada. Waktu itu warga menyebutnya dengan nama Dusun Muara Dua.

Sehubungan dengan adanya pemekaran wilayah , kata bapak yang tinggal di Jalan Sungai Rupat RT 40 RW 8 Pagar Dewa, maka diadakan lah rapat pemilihan nama kelurahan baru tersebut di Kantor Lurah Pagar Dewa. Dalam rapat yang dipimpin Lurah Pagar Dewa, Atisar Sulaiman dan dihadiri sekitar 30 orang tokoh masyarakat, pemuda, ketua RT, Ketua RW, Ketua Adat, Ketua LPM, tokoh agama, maka disepakati lah nama kelurahan baru itu dengan nama Kelurahan Muara Dua.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (58)

Karena semua sudah sepakat dengan usulan nama baru itu pada rapat tahun 2004 tersebut, akhirnya ditetapkan lah nama Kelurahan baru tersebut dengan nama Kelurahan Muara Dua.  


Inilah Kantor Lurah Muara Dua, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu-Azmaliar Zaros-

Kelurahan Muara Dua ini tidak begitu luas. Luasnya hanya 72 hektar. Mereka terdiri dari 6 RT dan 2 RW.

Mata pencaharian penduduknya ada bermacam-macam. Antara lain ada pegawai swasta, PNS, buruh, pedagang, tukang.

Penduduknya juga terdiri dari berbagai suku bangsa. Antara lain suku Minang, Jawa, Bengkulu asli, suku serai, Lembak, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, China keturunan.

Kelurahan Muara Dua ini terletak di sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Pagar Dewa. Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Bumi Ayu. Sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Lingkar Barat. Sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Kandang.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: