Ini Kiat untuk UKM Bisa Dapatkan BBM Bersubsidi

 Ini Kiat untuk UKM Bisa   Dapatkan BBM  Bersubsidi

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang, Jon Johanes Dalos-Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Kebijakan pemerintah dalam rangka mengurangi subsidi untuk menekan pengeluaran APBN, sehingga pemerintah mengambil keputusan untuk mengurangi subsidi dengan cara menaikan harga BBM, khususnya bagi BBM bersubsidi tentunya dengan kebijakan yang diambil akan berdampak kepada masyarakat. Terutama pada pengusaha-pengusaha yang bergerak pada transformasi maupun pengusaha mikro menengah.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang, Jon Johanes Dalos, menyampaikan, tentunya harus pempunyai solusi. Dalam Perpes 191 tahun 2012 tentang penyediaan dan pendistribusian harga jual eceran.

Disitu telah dijelaskan bahwa bagi UKM usaha mikro menengah yang mesin perkakasnyan atau motor pengeraknya menggunakan minyak solar untuk pembelian bisa dilakukan dengan  verifikasi dengan surat rekomendasi dari kepala SKBD Kabupaten/Kota yang membidangi usaha mikro tersebut.

"Ya, bagi UKM usaha mikro menengah ingin membeli biosolar subsidi di SPBU kami memberikan kemudahan dengan catatan dia harus menyertakan surat keteranagan dari desa setempat dimana dia berusaha. Dia membuat surat permohonan kepada Dinas terkait. Yakni Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang, berkaitan dengan rincian pengunaan kebutuhan perhari, perminggu atau perbulannya," ujarnya.

BACA JUGA:Warga Desa Gembung Raya Swadaya Perbaiki Jembatan

Lanjutnya, berdasarkan persyaratan itu  Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang, akan menurunkan tim untuk melihat ada usahanya. Setelah verifikasi dan validasi data tersebut dengan benar, kemudian kami dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang, akan mengeluarkan rekomendasi. Kemudian, mengajukan ke SPBU untuk membantu mendapatkan BBM bio solar bersubsidi.

BACA JUGA:Ini Penjelasan BKSDA Soal Harimau Masuk Kota Mukomuko

Saat disingung misal UKM mikro menengah tersebut sudah mendapatkan surat rekomendasi untuk mendapatakan BBM bio solar bersubsidi menyalahgunakannya, Jon menegaskan, mereka yang bersangkutan akan mendapat sangsi perbutan tersebut berkaitan dengan satgas pangan, migas dan minyak. Paling tidak, surat izin mendapatkan BBM bio solar di SPBU dicabut.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: