Banner Perpustakaan

Jasa Raharja, Kemenhub, KemenPUPR dan Korlantas Polri Gelar Survei Kesiapan Operasi Ketupat ke Pelabuhan Merak

Jasa Raharja, Kemenhub, KemenPUPR dan Korlantas Polri Gelar Survei Kesiapan Operasi Ketupat ke Pelabuhan Merak

Direktur Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono--

 

RADARBENGKULU,DISWAY.iD – Jasa Raharja bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, menggelar survei ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, pada Senin (06/03/2023). Kegiatan tersebut, dilakukan dalam rangka meninjau kesiapan Operasi Ketupat 2023.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, mengatakan, survei kesiapan Operasi Ketupat 2023 ke dua pelabuhan tersebut, merupakan rangkaian kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang momen mudik tahun ini. “Salah satu tujuannya, untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan pengamanan menjelang momen mudik Lebaran,” ujar Rivan.

 


Rivan mengatakan, pelabuhan sebagai salah satu jalur mudik antar pulau, menjadi titik krusial. Ia berharap, dengan berbagai sosialisasi serta persiapan yang dilakukan secara matang, pelaksanaan mudik Lebaran 2023 berjalan aman dan kondusif, serta zero accident.

BACA JUGA:Jasa Raharja Dukung Pemerintah Provinsi Permudah Pembayaran Pajak Kendaraan

 

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat, untuk memanfaatkan program mudik gratis, baik yang diselenggarakan pemerintah, BUMN, maupun pihak lainnya,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. Ia mengatakan, tinjauan dilakukan tidak hanya pada kesiapan pelabuhan semata, melainkan juga terhadap akses jalan menuju ke sana. “Dari tinjauan ini, kami mengkaji skema pengaturan arus lalu lintas. Nantinya, kami juga akan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, baik di jalan tol maupun non-tol,” ujarnya.

BACA JUGA:Jelang Operasi Ketupat 2023, Jasa Raharja, Kemenhub, KemenPUPR, dan Korlantas Polri Survei Jalur Tol Jakarta-S

 

Kakorlantas mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik dan balik, dapat menggunakan ruas jalan dengan tertib dan tetap mematuhi aturan serta imbauan petugas di lapangan. “Dengan demikian, kita harapkan kegiatan mudik dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar,” imbuh Firman

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Direktur Preservasi Jalan KemenPUPR, Direktur Lalu Lintas Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari dan Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus. Rombongan berangkat dari Gedung NTMC Korlantas Polri, mengawali tinjauan ke Rest Area KM 43 A, KM 68 A tol Tangerang-Merak, PT Pelindo II Ciwandan, dan KM 97 A tol Tangerang-Merak.

 

 

Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dari Dirlantas Polda Banten, ASDP Merak, dan Pelindo II, serta melakukan pengecekkan ke Dermaga Pelabuhan ASDP Merak.

Sebelumnya, survei telah dilakukan ke sejumlah wilayah, seperti jalur pantai utara (pantura), pantai selatan (pansela), serta jalur tol Jakarta hingga Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: