APBD Pemprov Bengkulu Mengalami Kenaikan

Selasa 27-11-2018,08:59 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBI, BENGKULU - Pemda Provinsi Bengkulu mengalami kenaikan signifikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah pada tahun 2019 mendatang. Dimana sebelumnya anggaran tersebut sebesar Rp 3,4 triliun, kini naik menjadi Rp 3,6 triliun. Hal ini dikarenakan Pemprov menerima dana dari pusat yang cukup meningkat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu, Heru Susanto kepada RADAR BENGKULU kemarin Senin (26/11).

"Untuk APBD tahun 2019 nanti insya Allah sebesar Rp 3,6 triliun dalam APBD pengantar nanti. Dimana sebelumnya sebesar Rp 3, 4 triliun dikarenakan komitmen untuk meningkatkan di Badan Keuangan Daerah. Asumsi pendapatan kita naik dikarenakan sesuai pada nota kita RAPBN yang disahkan DPR RI memang naik Dana Instensif Daerah (DID) kita mendapatkan Rp 22 miliar," terangnya. Untuk dana alokasi umum meningkat sebesar Rp 33 miliar. Sedangkan asumsi pendapatan pada tahun anggaran 2019 sebesar Rp 1,1 T.

Masih Heru, dalam persentasi hampir 20 persen pendapatan meningkat. Dimana pada tahun sebelumnya pendapatan anggaran masih dibawah satu triliun. Hal ini dikarenakan kenaikan hasil pendapatan dari Pajak Kendaraan Bermotor.

"Sedangkan DAU kita pun naik sebesar Rp 33 miliar. Jadi, memang dari sisi pendapatan naik. Asumsi kita untuk tahun 2019 nanti pendapatan kita sebesar Rp 1,1 triliun memang meningkat. Ada presentasi hampir 19,5 persen kenaikannya. Memang pada tahun sebelumnya hanya dibawah satu triliun. Pendapatan terbesar itu dari PKB (Pajak Kendaraan Bermotor-red), kita perolehan ditahun ini pajak keringanan sampai hingga minggu pertama November ini hingga Rp 40 an miliar," imbuhnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait