105 Desa Belum Usulkan Pencairan DD

Senin 04-03-2019,21:20 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, KEPAHIANG – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Kepahiang menyurati Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Kepahiang untuk mengusulkan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2019. Sebab, hingga saat ini belum ada satu pun Desa yang mengusulkan pencairan.

Kepala Dinsos PMD Kepahiang, Jan Johanes Dallos S.Sos mengungkapkan, seharusnya sekarang ini masing-masing desa sudah mengajukan berkas untuk pencairan DD tahap pertama ini, karena minggu kedua bulan Maret ini DD sudah mulai dicairkan. “Sebetulnya minggu lalu kita sudah menyurati para Kedes untuk segera mengusulkan pencairan DD tahap pertama. Tetapi sampai saat ini belum ada sama sekali desa yang mengusulkan,”ungkap Jan Johanes Dallos Senin,(4/3).

Sambungnya, jika minggu ini belum juga ada Desa yang mengusulkan untuk pencairan, maka mau tidak mau proses pencairan DD untuk tahap pertama tahun 2019 ini sedikit molor. Namun pihaknya tetap menunggu desa untuk mengusulkannya. “Sebenarnya, kita juga memahami, bahwa setiap Kades pasti ada rasa trauma untuk mengelola DD ini. Karena semenjak adanya DD ini ada pula Kades yang tersandung hukum,”ungkapnya.

Ditambahkan, untuk persyaratan pencairan DD ini tidak ada perubahan sama dengan tahun sebelumnya. Yaitu, masing-masing desa harus menyampaikan laporan realisasi atau penyerapan anggaran DD tahun 2018 lalu. Berapa jumlah DD yang sudah terealisasi dan berapa yang menjadi silpa. “Ya, syaratnya sama. Salah satunya masing-masing desa harus menyampaikan laporan jumlah anggaran yang terealisasi, dan berapa yang menjadi silpa itu syarat utamanya,”demikian.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait