Unji Untuk Obat Kanker Serviks

Jumat 08-03-2019,20:34 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Ketua Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan (KPPL) Maju Bersama, desa Pal VIII Kecamatan Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong, Rita Wati, mengatakan Unji atau kecombrang memiliki manfaat bagi kesehatan. Kanker serviks, misalnya. Konon, kecombrang mampu membantu melawan sel kanker secara alami. “Berdasarkan penelitian dari Univeristas Bengkulu, di dalam unji terdapat kandungan seperti saponin, terpenoid, flavonoid dan anti oksidan. Sehingga, unji atau olahan unji seperti sari minuman dapat membantu mengatasi masalah kesehatan khususnya perempuan. Termasuk membantu melawan sel kanker. Unji juga memiliki khasiat obat tradisional lainnya,” kata dia.

Seperti, obat batuk, penyubur rambut, demam tinggi, obat luka, bahan sayuran sebagai rebusan lalapan atau bumbu rempah serta penambah nafsu makan. “Obat tradisional itu masih digunakan masyarakat di desa Pal VIII Kecamatan Ulu Raya,” jelas dia.

Banyak sekali manfaat dan khasiat dari unji bagi kesehatan, Unji juga menjadi obat tradisonal yang masih digunakan masyarakat ketika batuk, demam tinggi serta lainnya. “Olahan sari kecombrang atau unji yang dibuat sudah bisa langsung di minum. Sari kecombrang yang kami olah belum di produksi massal. Baru sebatas desa saja. Olahan sari kecombang hanya mampu bertahan selama empat hari. Setelah empat hari sudah kadaluarsa,” singkat dia.

Dijelaskan Rita, Emak-emak di desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong, yang tergabung dalam Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan (KPPL) Maju Bersama. Sari kecombrang olahan dari tangan terampil emak-emak itu dijual seharga Rp5 ribu per 200 milli.

"Olahan sari minuman segar dari bunga dengan rasa asam mirip jeruk lemon, pedas jahe dan aroma harum serai ini diambil dari kawasan objek wisata, Hutan Mahoni, Damar dan Pinus (MaDaPi).," kata dia kepada jurnalis, Selasa 5 Maret 2019 lalu.

Mereka memanfaatkan kecombrang atau unji ini sebagai bahan baku utama untuk sari minuman. "Proses pembuatan sari minuman kecombrang pun tergolong mudah. Di mana emak-emak di desa Pal VIII memetik bunga yang masih kincup dan berwarna merah muda atau tunas muda kecombrang. Tunas muda itu diolah sedemikian rupa serta diracik sehingga menghasilkan sari minuman segar dan menyehatnya, setengah kilo tunas muda unji dapat menghasilkan empat gelas sari kecombrang atau setara dengan satu liter," singkat dia. (hcr)

Tags :
Kategori :

Terkait