Tahun Depan BOP RTRW Kota Bengkulu Naik, Plus Motor

Senin 25-03-2019,08:53 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Teuku Zulkarnain : Kita Setuju Diangka Rp 1 Juta

RBO >>  BENGKULU >>  Untuk sebanyak 1517 para Ketua RT dan RW di Kota Bengkulu, nampaknya harus bersabar. Jika sebelumnya melalui Forum Komunikasi (FK) RTRW sudah menyampaikan usulan untuk kenaikan Bantuan Operasional yang saat ini masih Rp 500 ribu perbulan menjadi Rp 1 juta, usulan tersebut nampaknya belum dapat direalisasikan dalam tahun ini. Namun, tahun 2020 bisa dinaikkan.

“Untuk usulan kenaikan BOP tersebut, kita memang dari legislatif dan eksekutif ada wacana menaikkan diangka Rp 1 juta, dan kenaikan itu nanti akan dilakukan bertahap. Serta untuk pemberian kendaraan motor dinas RTRW yang juga merupakan salah satu janji dari Walikota dan Wakil Walikota Helmi-Dedy. Tapi untuk itu, para Ketua RTRW diharapkan dapat bersabar dulu. Sebab, belum bisa dilaksanakan dalam tahun ini. Tahun 2019 ini kita fokus ke infrastruktur dulu dan rencana pinjaman ke SMI,” ungkap Waka II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain, kemarin (24/3).

Menimbang postur APBD Kota Bengkulu saat ini, sebab itu terkait wacana kenaikan BOP nanti akan dilakukan bertahap hingga sampai di angka Rp 1 juta. “Ini merupakan bentuk stimulus apresiasi yang diberikan oleh pemerintah kota terhadap para tokoh masyarakat RTRW yang ikut membantu pemerintah dalam persoalan keamanan lingkungan serta administrasi warga dilingkungan RTRW,” papar Teuku.

Selain itu, untuk kendaraan dinas berupa motor, anggota Fraksi PAN Kota Bengkulu tersebut juga memastikan pemberian motor itu akan terealisasi pada tahun 2020. Sebab, sudah masuk dalam RPJMD. “Untuk motor sebagai kendaraan dinas RTRW, itu sudah masuk dalam RPJMD. Dan nanti tidak sekaligus. Sebab, ada 1517 RTRW di Kota Bengkulu. Nanti motor dinas ini akan diserahkan ke pihak kelurahan dan pinjam pakai oleh para Ketua RT dan RW. Kalau selama ini banyak yang ragu untuk pemberian motor tersebut, kita berkaca pada dana kelurahan, dana itu bisa diturunkan untuk RTRW, maka sama halnya pinjam pakai motor juga bisa untuk RTRW. Nanti para Ketua RTRW yang mendapatkan motor dinas ini akan diprioritaskan bagi para ketua RTRW yang memang jangkauan wilayahnya cukup luas serta bagi para Ketua RTRW berprestasi,” pungkasnya.

Sementara itu, dari Ketua FK RTRW Kota Bengkulu, Drs Dharma Setiawan SH mengatakan, untuk kenaikan BOP RTRW dirasa sangat perlu. Mengingat saat ini biaya hidup semakin tinggi dan kinerja Ketua RTRW cukup banyak guna membantu pemerintah menghadapi masyarakat.

“Harapan kita, tahun ini tetap bisa dinaikkan BOP tersebut dari Rp 500 ribu perbulan menjadi Rp 750 ribu. Sebelum nanti mencapai Rp 1 juta perbulannya. Dan kinerja kami sebagai ketua RTRW untuk membantu pemerintah sangat banyak. Apalagi saat ini, kita akan menyambut pemilu, mayoritas yang menjadi KPPS itu adalah para ketua RT dan RW. Dan kami akan ikut menyukseskan pesta demokrasi tersebut. Sedangkan untuk kendaraan motor dinas, jika memang tahun 2020 akan direaliasisasikan, kami menyambut baik rencana tersebut. Sebab sesuai yang pernah disampaikan oleh Walikota Helmi Hasan dulu, bahwa dia akan memberikan fasilitas kendaraan motor dinas untuk RTRW,” kata Iwan Kadar panggilan akrabnya. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait