Mudah, Ini Dia Kunci Sukses Belajar Bahasa Arab

Jumat 29-03-2019,10:43 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>  BENGKULU >> Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Bengkulu, mengadakan seminar Internasional yang diikuti 250 peserta kemarin dan acara ini dibuka Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu, Dr. Zubaedi M. Ag. M. Pd . Acara yang digelar di Gedung Saintek Lantai 3 itu dengan tema Peran, Tantangan dan Prospek Pendidikan Bahasa Arab di Era Globalisasi di Era Milenial. Peserta dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Bengkulu, dari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan juga dari Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Pemateri seminar, Dr. Hazrul Affendi Bin Mohmad Razali  mengatakan betapa pentingnya pembelajaran Bahasa Arab dan kenapa bahasa Arab itu ditakuti. Bahasa Arab itu tidak mesti untuk di takuti, karena pelajaran Bahasa Arab itu sebenarnya mudah, ketika metodenya, ketika tekniknya dan ketika pendekatan yang dilakukan dalam belajar Bahasa Arab itu tepat. Sehingga belajar Bahasa Arab itu menjadi mudah dan menyenangkan.

Kemudian juga dalam pembelajaran Bahasa Arab, perlu kita fokuskan supaya lebih mengarah ketika kepada berbicara, sehingga ketika difokuskan mengarah berbicara, maka difokuskan kepada berbicara maka di fokuskan kepada bicara tidak kepada qaidah. Begitu juga sebaliknya, ketika yang di fokuskan adalah membaca, jangan kita banyak materi menulis. Kemudian penyebab mahasiswa sulit menyerap atau mempelajari Bahasa Arab, karena kebanyakan mahasiswa ini merasa bahwa Bahasa Arab itu sulit. “ Ya, sekarang Bahasa Arab yang seperti apa yang dianggap sulit. Ketika Mahasiswa belum menemukan apa yang menjadi keinginan mereka dalam belajar Bahasa Arab, ketika mereka ingin bisa berbicara, mestinya mereka mendalami tentang bagaimana berbicara dengan Bahasa Arab yang benar itu dan mempraktikan berbicara Bahasa Arab itu setiap hari. Bukan kemudian berlari untuk tidak mau mendengarkan perkataan Bahasa Arab atau tidak mau belajar berbicara Bahasa Arab.’’

Tetapi, lanjutnya, itu yang harus dikejar, dipraktekan dan diulang-ulang setiap hari. Karena Bahasa itu adalah praktik, pembiasaan. Jika tidak dibiasakan, tidak akan pernah bisa. Contohnya Dr. Husen salah satu pemateri juga, beliau bisa menguasai berbicara Bahasa Arab hanya dalam waku dua bulan saja. ‘’Artinya, ketika kita fokus dengan satu bidang dalam Bahasa Arab, maka itu akan kita capai dengan cepat,’’ ujar Hazrul.

Sedangkan tujuan mengadaan Seminar Internasional ini supaya membuka wawasan Mahasiswa, adapun belajar Bahasa Arab adalah hal yang menyenangkan dan supaya Mahasiswa juga dapat mengetahui tentang bagaimana kiat-kiat pembelajaran Bahasa Arab yang mudah dan menyenangkan tersebut, sehingga mereka memiliki semangat, memiliki keingin untuk belajar Bahasa Arab. (Mg-5)

Tags :
Kategori :

Terkait