Desa Air Baus I Bangun Jambanisasi, Biogas dan Pelapis Tebing

Sabtu 06-04-2019,09:17 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Selama ini pembangunan infrastruktur Desa Air Baus I, Kecamatan Hulu Palik Bengkulu Utara ini sudah berjalan dengan semestinya. Ini sesuai dengan APBDes tahun 2018 lalu, dan telah dibangun dan dilakukan  tepat waktu, tepat manfaat sesuai aturan yang telah ditetapkan. Seperti irigasi di dusun I panjang  187 M, pembuatan pos kamling III unit di dusun I,II,dan III, pembangunan gudang prodes sepanjang 10 M dan lebar 5 M, ekonomi produktif pemberian induk itik sebanyak 440 ekor untuk 40 masyarakat, dan pemeliharaan sarana ibadah.

      Meskipun demikian, Pemdes Air Baus l masih merencanakan prioritas sarana prasarana fisik dan non fisik pembangunan realisasi tahun 2019 yang  menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat Air Baus I, Kecamatan Hulu Palik BU dalam anggaran APBDes Tahun 2019. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Kades Air Baus I, Widi Sukarlan pada RADAR BENGKULU di ruang  kerjanya kemarin.

      Dipaparkan Widi bahwa untuk realisasi pembangunan APBDes tahun 2018 lalu telah disempurnakan pengerjaan dan pelaksanaan oleh pemdes lewat TPK yang ada. Penyelenggaraan pemerintah desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat telah selesai dilaksanakan dan pula telah rampung di SPJ kan administrasinya.

      Begitu pula pembangunan sarana dan prasarana fisik dan infrastruktur desa APBDea Tahun 2018 lalu, dikerjakan dengan pola padat karya tunai dan sesuai dengan RAB nya volume serta aturan yang ada.

      Menurut Widi, saat ini Desa Air Baus I memiliki penduduk 426 jiwa dan KK 132 kepala keluarga yang tersebar di wilayah tersebut. Beberapa item rencana realisasi pembangunan fisik yang menjadi  skala prioritas pemdes dalam APBDes tahun 2019, yaitu  Jambanisasi 60 unit , drainase sepanjang 70 M, insolasi biogas, pelapis tebing sepanjang 21 M dan pemberdayaan pemberian bibit pada kelompok petani perikanan, juga  menjadi prioritas Widi Sukarlan.(bri)

Tags :
Kategori :

Terkait