Saksi Tidak Hadir, Pleno KPU Lanjut

Jumat 03-05-2019,20:01 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Zaini: Jika Berjalan Lancar Bisa Segera Rampung

RBO, BENGKULU - Hasil rapat pleno terbuka yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu Jumat (3/5) terancam tidak bakal ditandatangani sejumlah saksi. Pasalnya dalam pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kota Bengkulu tersebut, ada beberapa saksi terlihat tidak hadir.

Ketua KPU Kota Bengkulu, Zaini, S.Ag dikonfirmasi tidak menampikkan kondisi tersebut. Bahkan hingga saat ini pihaknya belum menerima konfirmasi ketidakhadiran sejumlah saksi dalam rapat pleno ini. "Seperti yang kita lihat pada saksi calon DPD, kursinya banyak yang kosong. Kekosongan itu lantaran saksinya tidak hadir, disertai tanpa memberikan keterangan," ungkapnya.

Dengan kondisi ini lanjutnya, tidak menutup kemungkinan nantinya rekapitulasi penghitungan suara dalam pleno, ada beberapa saksi tidak akan menandantangani. "Tapi itu bukan permasalahan bagi kita. Karena penandatanganan rekapitulasi sepenuhnya hak saksi, dan tidak ada larangan sama sekali. Yang jelas kita tetap lanjut," tegas Zaini.

Menurutnya, dalam rapat pleno terbuka yang baru dimulai kemarin masih berjalan normal, stabil, dan lancar. Pihaknya menargetkan pleno rampung selama 2 hari. "Rapat pleno inikan harus selesai paling lambat tanggal 7 Mei 2019. Mudah-mudahan jalannya pleno seperti kondisi sekarang tetap berlanjut," harap Zaini.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah, S.Pd, M.Si menyampaikan, hari ini yang diagendakan mulai melakukan pleno, selain Kota Bengkulu juga Kabupaten Seluma, Kaur dan Bengkulu Tengah. Pleno ini bertujuan untuk menetapkan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan. Selain itu guna menyingkronkan data pemilih dan perolehan suara, termasuk koreksi.

"Sehingga nantinya pada saat pleno tingkat Provinsi tidak ada permasalahan lagi. Sejauh ini beberapa KPU Kabupaten sudah merampungkan pleno, seperti Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kepahiang, dan Mukomuko. Kita optimis pleno tingkat Kabupaten/Kota rampung tepat waktu," singkat Darlin diwawancarai saat memantau pleno KPU Kota Bengkulu.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait