Air Napal Bakal Bangun Sumur Bor dan Gedung TPQ

Rabu 08-05-2019,09:06 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>   ARGA MAKMUR  >>   Pemdes Air Napal, Kecamatan Air Napal, Bengkulu Utara (BU) dipaparkan Kades Air Napal, Nozi Yansori,S.I.Kom saat ditemui RADAR BENGKULU diruang kerjanya, saat ini desanya memiliki penduduk sebanyak 814 jiwa dan KK sebanyak 142 kepala keluarga yang tersebar di wilayah 3 dusun.

Dipaparkannya, ada beberapa item rencana pembangunan fisik yang menjadi skala prioritas pemdes dalam APBDes 2019 ini. Yaitu, pembuatan sumur bor sebanyak 10 titik di dusun I-III salah satu program Stanting, Sanitasi Lingkungan / Drainase 2 titik di dusun I Sampai Dusun II, Gedung TPQ 1 unit di dusun I.

Sedangkan Pemberdayaan Lembaga Adat, Sarak, Posyandu, PKK, Sanggar Belajar,Kelompok Menjahit,Kelompok Ibu Rumah Tangga Produksi makanan ringan, contohnya seperti Emping Melinjo, pemberdayaan ketertiban masyarakat,teknologi tempat guna ( pelatihan mebeler, pelatihan pembuatan pakan alternatif ), pelayanan kesehatan masyarakat, pendidikan dan kebudayaan, , pelatihan Perangkat Desa,BPD, membuat Pemdes juga merencanakan adanya kegiatan pemberdayaan peningkatan produksi peternakan, pelatihan, bimtek, pengenalan teknologi tepat guna peternakan dan pemberdayaan lainya, semua menjadi prioritas untuk dibangun pemdes dari realisasi APBDes tahun ini dan akan kita sesuaikan dengan alokasi anggaran yang ada nantinya.

Dijelaskan Nozi, untuk realisasi APBDes tahun 2018 lalu telah dirampungkan pengerjaan dan pelaksanaannya oleh pemdes lewat TPK yang ada. Pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat telah selesai dilaksanakan dan telah pula rampung SPJ administrasinya.

Adapun pembangunan Pemdes Pasar Tebat di tahun 2018, yaitu, Rabat Beton 2 titik di dusun I dan III dengan Panjang 1,5 km, Plat Deker 2 unit di dusun I dan III, Pengolahan internet desa, Pemeliharaan kantor desa, Balai Desa, Pemeliharaan gedung PAUD, sumur bor 1 titik di dusun III, pelapis tebing di dusun I dan II , drainase di dusun II.(bri)

Tags :
Kategori :

Terkait