Wujud Komitmen, Indosat Ooredoo Business pada Perkembangan Smart City di Indonesia

Kamis 16-05-2019,19:51 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>   BENGKULU >>  Tingkat urbanisasi di Indonesia yang tinggi mencapai lebih dari 56% penduduk akan tinggal di perkotaan menyebabkan kompleksitas permasalahan kota berkembang sangat cepat. Seiring Dengan hal tersebut perlu adanya solusi baru yang inovatif untuk menyelesaikan permasalahan kota, yaitu solusi yang dapat memberikan kapasitas yang lebih besar dari pada kebutuhan.

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau ICT merupakan salah satu teknologi yang memiliki potensi inovatif yang tinggi untuk menyelesaikan berbagai tantangan perkotaan itu sendiri.

Group Head Core Product & Solution Indosat Ooredoo, Priagung Utomo, menyampaikan bahwa menurutnya dengan adanya komitmen dari Indosat Ooredoo sangat diperluakan dalam pembangunan Smart City di Indonesia. Selain itu ditambahkannya, dengan perkembangan zaman, yakni revolusi Industri 4.0, Indosat Ooredoo dirancang dalam menjawab permasalahan yang ada di daerah perkotaan.

“Indosat Ooredoo Business memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkontribusi dalam pembangunan Smart City di Indonesia guna mewujudkan manajemen perkotaan yang lebih maju dengan system yang inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan. Smart City juga merupakan inisiatif penting dari Pemerintah di era revolusi industri 4.0. Konsep solusi Smart City Indosat Ooredoo dirancang untuk mencapai outcome yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah di perkotaan, warga kota & komunitas bisnis untuk menciptakan tata kelola pemerintahan & transparansi, layanan publik yang baik, pertumbuhan ekonomi dan efisiensi biaya,”ujar Priagung.

Indosat Ooredoo membangun arsitektur smart city mulai dari pondasi dasar berupa jaringan atau infrasruktur telekomunikasi, layanan TIK (data center dan manage services), komputasi awan dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya secara terintegrasi dan berkesinambungan. Di Sumatra Utara adalah salah satu provinsi yang sudah mengimplementasikan smart city. Pemerintah Provinsi Sumut, Pemkab. Deli serdang, Pemkab. Labuhanbatu, Pemkab. Langkat adalah contoh kabupaten yang telah terbantu dengan adanya solusi connectivity dan internet untuk menunjang implementasi smart city.

Pada kesempatan yang sama, Indosat Ooredoo Business juga ikut serta pada Pembukaan Gerakan Menuju 100 Smart City tahap III 2019 di Jakarta. Indosat Ooredoo Business berperan aktif sejak awal diluncurkannya gerakan yang diprakarsai oleh Kemenkominfo RI ini, dimana salah satu isi programnya adalah pendampingan untuk implementasi smart city berbasis ICT. Peran Indosat Ooredoo adalah sebagai technology advisor dalam BIMTEK yang diadakan pada kota/kabupaten yang terseleksi oleh Kemenkominfo RI. (Ae-4/rls)

Tags :
Kategori :

Terkait