Minat Tinggi, Kontes Robot Bengkulu Digelar Hari Ini

Jumat 26-07-2019,19:38 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Ratusan Peserta Rebut Piala Kapolda Bengkulu

RBO  >>>   BENGKULU  >>>   Hari ini, ratusan peserta Kontes Robot Bengkulu (KROB) akan mengikuti rangkaian lomba yang digelar di Bencoolen Mall Kota Bengkulu pagi Sabtu (27/7). Para peserta nantinya akan memperebutkan piala dari Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman MH. Yang mana lomba ini masih bertepatan pada hari Bhayangkara RI ke 73.

Kegiatan ini langsung dihadiri Ketua Umum ROCI Pusat Ir Santoso Gondowijojo GDMus.  Kapolda Bengkulu Bengkulu akan membuka kegiatan tersebut. Selain itu juga dihadiri Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah yang akan memberikan kata sambutan. Diknas Provinsi Bengkulu dan Kota/Kabupaten  pun ikut memberikan support terhadap kegiatan selama berlangsung. Kemarin seluruh peserta melakukan technical meeting (TM) di Aula Polres Bengkulu.

   Disampaikan Sekretaris ROCI  Bengkulu, Yeni Fuspadewi, seluruh peserta diikutkan TM untuk mempersiapkan pertandingan yang digelar nantinya. "Kegiatan Technical Meeting ini kita menjelaskan persiapan apa saja yang diperlukan untuk para peserta. Kemudian kita memberikan waktu selama 30 menit mencoba terakhir untuk mempersilakan mempraktikan jenis perlombaan," terangnya.

       Menurut Yeni antusias pelajar yang ikut nantinya dari jenjang PAUD hingga SMA. Antusias para pelajar pun cukup besar, mengingat ajang perlombaan ini didukung banyak pihak. "Antusias peserta pun cukup tinggi. Karena memang didukung oleh banyak pihak. Kita harapkan dengan kegiatan ini para peserta mendapatkan nilai prestasi dinonakademik. Bahkan nanti bisa bertanding ke internasional," tambahnya.

       Ketua Umum ROCI Pusat Santoso mengatakan, ilmu robotika ini termasuk dalam pengetahuan sains dibidang pendidikan yang ada disekolah. Namun sayangnya, hal ini belum masuk dalam basis kurikulum yang diterapkan disekolah saat ini. Ia pun menilai teknologi disaat ini tidak dipungkiri sudah berdampingan dengan kesehari harian masyarakat.

"Diharapkan ilmu robotika ini dapat berpengaruh positif terhadap anak. Selain itu teknologi saat ini selalu berdampingan dengan kita. Saya berharap anak anak generasi saat ini dapat melihat teknologi agar dapat andil. Karena generasi kedepan teknologi akan luar biasa kembali," katanya.

      Menurutnya, ilmu robotik ini seyogyanya dapat masuk dalam kurikulum pendidikan yang ada saat ini. "Kurikulum yang khusus belum sosialisasi, namun kita sudah ada planing bagaimana untuk pendidikan ini masuk ke materi sekolah. Karena memang ada beberapa kendala. Seperti dari alat hingga biayanya. Namun dengan kesungguhan dan sosialisasi yang besar, selain orang tua yang mendorong dan anaknya yang senang serta guru dengan dilengkapi ilmu maka dapat mengembangkan ilmu robotik ini," terangnya.

      Santoso meminta agar jajaran Pemda setempat pun ikut mendorong kegiatan positif ini. "Pemerintah setempat pun juga ikut mendorong kegiatan ini. Karena waktu terus berjalan. Anak generasi bangsa agar tidak menjadi buta bagi teknologi itu harapan kita," lanjutnya.

      Sementara itu, Gentama siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Kota Bengkulu yang mengikuti jenis pertandingan Maze Solving, dirinya mempraktikan robot yang akan melintasi dijalur hitam. Dengan program softwer yang ada ini akan dikonektivitas dengan robot sesuai yang ada didata, maka robot akan dapat berjalan sesuai dengan keinginan.  "Kita akan memprogram agar robot melintasi jalur hitam. Sesuai dengan software yang mengikuti data dalam program tersebut," ujarnya.

      Ketua ROCI Bengkulu,  AKBP Prianggodo Heru Kunprasetyo, S.Ik mengatakan selamat bertanding untuk para peserta. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat berlanjut kembali dengan menciptakan para pelajar yang berwawasan teknologi robotika cerdas. "Selamat bertanding untuk peserta. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan para pelajar yang berwawasan teknologi yang cerdas serta mampu membawa Provinsi Bengkulu di kancah Internasional," imbuhnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait