Langganan Banjir, Warga Sawah Lebar Baru Minta Walikota Instruksikan Petugas Keruk Siring

Kamis 15-08-2019,21:12 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Warga RT 04 Kelurahan Sawah Lebar Baru dan RT 08 Kelurahan Sukamerindu yang bermukim dibantaran siring bawah Balai Kota butuh perhatian dari pemerintah Kota Bengkulu. Sebab pemukiman tempat tinggal mereka kerap menjadi langganan banjir meskipun tidak hujan. "Kami sudah sering menyampaikan keluhan ini kepada pihak - pihak terkait, mulai dari pihak kelurahan hingga kecamatan, bahkan sudah kami sampaikan ke Dinas PU agar siring yang menjadi pembatas  antara Kelurahan Sukamerindu dan Kelurahan Sawah Lebar Baru ini diperhatikan. Kami minta Pak Wali bisa menginstruksikan jajarannya untuk mengeruk siring disini, sebab selain banyak tumpukan sampah, siring kami ini juga terus terjadi pendangkalan setiap tahunnya," Kata Ketua RT 04 Kelurahan Sawah Lebar Baru, Arlis, Kamis (15/8).

Dijelaskan Arlis, Siring mereka ini merupakan aliran dari daerah Pasar Minggu, Penggantungan, Kebun Dahri, Suprapto semuanya turun disini, sehingga terkadang meskipun tidak hujan mereka yang bermukim di bantaran siring tersebut kerap kebanjiran. "Saat air pasang, karena kami ini juga aliran siringnya dari Tanjung Agung, kita tetap kebanjiran meskipun tidak hujan. Kami sudah berupaya bersama warga bergotong royong membersihkan sampah-sampah yang menumpuk disiring, tapi bukan hanya keberadaan sampah. Tapi karena pendangkalan alur siring sehingga kami mudah kebanjiran," terang Arlis.

Untuk itu, selain dikeruk serta di dalamkan, siring itu nanti harapan mereka juga rutin perawatannya. "Jangan nanti cuma sekali dikeruk, lalu dua tahun lagi baru dikeruk kembali. Hendaknya dilakukan pengerukan rutin setiap tahun agar aliran siring kami ini dapat normal dan lancar," harapnya.

Adapun dari salah seorang warga RT 08 Kelurahan Sukamerindu Dimas Pangestu membenarkan apa yang disampaikan oleh Ketua RT 04 tersebut. "Memang benar, tetangga kami yang tinggal dibawah sering langganan banjir," singkat Dimas. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait