Ini Prioritas Pembangunan Desa Lubuk Lesung

Rabu 18-03-2020,20:27 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR- Desa Lubuk Lesung Kecamatan Lais, Bengkulu Utara ( BU ) di bawah kepemimpinan kadesnya Atma Wijaya terus menggeliat menata wajah desa mereka. Pembangunan insfratruktur desa serta sarana dan prasarana di desa ini dari realisasi APBDes yang ada maupun dari sumber APBD BU, Provinsi, bahkan APBN. Kades Lubuk Lesung, saat ditemui jurnalis di ruang kerjanya, mengatakan realisasi APBDes tahun 2019 lalu telah dirampungkan dengan tepat waktu, tepat manfaat, tepat aturan dengan pola padat karya tunai, ( PKT ).

Begitu pula kegiatan peningkatan kapasitas lewat pendidikan, pelatihan, penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat desa dan jalannya roda pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan prima dan tata kelolah administrasi pemdes secara transparan dan akuntabel.

Dijelaskan dia, saat ini  untuk rencana realisasi rencana pembangunan tahun ini, berangkat dari dokumen RKP yang ada, pemdes masih memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana dan insfatruktur yang masih sangat dibutuhkan masyarakat setempat.

Adapun yang menjadi prioritas untuk di bangun tahun 2020 ini, yaitu Sumur Bor 6 unit dari Dusun I sampai Dusun III, Pembukaan Badan Jalan dengan panjang 1.400 meter yang terletak di Dusun III, Galian Siring Tana dengan Lebar 40cm, dan tinggi 60 cm dengan panjang 1.900 meter berada di Dusun III, Plat Deker 3 unit di Dusun III, Jembatan Desa berada di Dusun I,Rabat Beton dengan panjang 86 meter dan lebar 1 meter 20cm di Dusun I dan II,  juga menjadi prioritas pemdes realisasi APBDes tahun ini dan Sedangkan pembangunan tahun 2019 lalu, yaitu : Gedung TPQ terletak di Dusun I dengan volume :  9x 9 meter persegi,TPT + Timbunan terletak di Dusun III dengan panjang 157 meter, Gorong- gorong 7 unit berada di  Dusun III , pemberdayaan tahun lalu yaitu; PKK,siskeudes,BPD, Perangkat desa dan masih banyak yg lainnya.

Sedangkan untuk pemberdayaan tak terpisahkan dari pembangunan di Desa Lubuk Lesung, Kecamatan Lais ini, pemberdayaan lembaga masyarakat, kewirausahaan serta pemberdayaan lainnya.  "Harapan pemerintah desa untuk masyarakat Desa Lubuk Lesung agar warga dapat menikmati dan menggunakan sarana dan prasana dengan sebaik - baiknya dan juga Pemdes Lubuk Lesung meminta kerja samanya kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat insfratruktur yang sudah di sediakan  oleh pemerintah desa Lubuk Lesung . " Ujar Atma " (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait