Zulasmi: Jika Dinkes dan RSUD Butuh, Dewan Siap Anggarkan untuk Atasi Corona

Kamis 19-03-2020,21:22 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU – Para pejabat dan pengambil kebijakan di Provinsi Bengkulu perlu kompak. Untuk mengantisipasi musibah penyebaran penyakit Corona Virus Disease (Covid) – 19 di Provinsi Bengkulu perlu. Caranya Kepala Daerah, DPRD, Kepala Dinas Kesehatan dan pihak RSUD perlu duduk bersama mencari jalan dan solusi mengatasi masalah gawat darurat Corona ini.

Dimana saat ini sudah ada 11 orang warga yang dalam status Orang Dalam Pantauan (ODP) juga Pasien Dalam Pantauan (PDP). Pihak komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu menyatakan siap untuk berkoordinasi dengan pihak eksekutif guna mengatasi persoalan yang sudah jadi pandemi di dunia saat ini.

“Kalau untuk anggaran dana musibah seperti Corona saat ini, itu nggak ada. Lain hal nya kalau untuk bencana alam darurat seperti banjir dan gempa bumi. Namun jika memang dibutuhkan, kami selaku wakil rakyat di Komisi IV siap berkoordinasi bersama mitra kita Dinas Kesehatan (Dinkes), bila memang diperlukan dana untuk mengatasi wabah Covid-19 ini, kami siap membahas serta menganggarkannya,” ungkap Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Zulasmi Octarina SE saat dihubungi mengatakan sedang mengikuti Musrenbang di Kabupaten Lebong, Kamis (19/3).

Dijelaskan oleh politisi perempuan NasDem ini. Semestinya untuk mengantisipasi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini memang sebaiknya banyak disediakan hand sanitizer serta alat untuk pengukur suhu tubuh termoscamer.

“Kalau memang dibutuhkan untuk pembelian masker, lalu hand sanitizer dan termo scamer ini, maka sebaiknya pihak Dinas Kesehatan hendaknya dapat merincikan berapa yang dibutuhkan untuk kemudian dapat kita anggarkan. Dan seperti kita di DPRD Provinsi Bengkulu sendiri saat ini, kemarin kita masih melaksanakan kegiatan paripurna. Namun saya lihat alat termo scamer itu tidak ada di pintu masuk sekretariat DPRD. Tetapi kalau untuk hand sanitizer itu memang sudah ada di masing-masing ruangan, seperti di ruangan Komisi IV itu sudah ada,” jelas politisi perempuan yang akrab dipanggil Rina tersebut.

Selain itu, dengan adanya wabah pandemi Covid-19 ini, Rina berharap warga masyarakat Bengkulu untuk dapat melakukan proteksi diri dan keluarganya masing-masing.

“Harapan kita warga masyarakat dapat mengikuti instruksi sesuai arahan pemerintah. Jangan banyak melakukan kegiatan di luar rumah apalagi di tempat kerumunan. Dengan demikian itu salah satu cara yang cukup efektif untuk terhindar dari virus Corona. Selain itu, kita harap semoga wabah Virus Corona ini dapat segera berhenti dan ditemukan vaksin penyembuhannya,” pungkasnya. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait