Orangtua Boleh Gunakan Uang BSM untuk Mencukupi Kebutuhan Sehari-hari

Senin 06-04-2020,10:11 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>    BENGKULU   >>>   Hampir 4.000 lebih pelajar di Kota Bengkulu mendapat Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu. Walaupun bantuan tersebut tidak seberapa, namun orangtua dapat memaksimalkan BSM tersebut mencukupi kebutuhan sehari-hari, terkait mewabahnya penyebaran covid-19.

"Kalau dalam keadaan darurat seperti ini, tidak apa-apa BSM diperuntukkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Apalagi, ini menyangkut masyarakat banyak,. Seluruh dunia merasakan pandemi covid-19," ujar Kepala SDN 19, Masyhuri Effendi, S.Pd pada RADAR BENGKULU kemarin.

Walaupun pemerintah secara tegas mengatakan, orangtua harus menggunakan uang BSM untuk keperluan siswa dalam bersekolah, tapi disisi lain terkait penyebaran Covid-19, seluruh sekolah diliburkan, pemerintah menginstruksikan seluruh masyarakat berdiam diri di rumah, belajar di rumah, bekerja di rumah dan lain-lain.

"Mungkin pandemi covid-19 berdampak pada masyarakat menengah ke bawah, bagaimana mereka mau mencukupi kebutuhan sehari-hari kalau tidak bekerja, sedangkan pemerintah menyuruh mereka berdiam diri di rumah, sampai virus ini benar-benar bisa teratasi oleh pemerintah. Kalau untuk besaran uang yang didapat, untuk murid SD mendapat bantuan dari BSM sebesar Rp 500.000, sedangkan SMP Rp 750.000 per-satu orang anak," terangnya.

Diapun menyakini, sebagian orangtua pasti masih ada menyimpan uang BSM tersebut, dan ada juga yang sudah dibelajankan untuk perlengkapan siswa di sekolah. "Ada orangtua yang setiap tahun mendapat bantuan BSM, tapi uangnya selalu disimpan jika ada keperluan yang mendesak. Bisa jadi, situasi seperti ini bisa mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Terlebih lagi, menjelang bulan suci Ramadan sebentara lagi akan tiba. Kita semua berdoa semoga covid-19 bisa berlalu dan masyarakat kembali beraktifitas seperti biasa," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait