Wabup Beri Bantuan 8 Warga Diisolasi Terdampak Covid 19

Senin 13-04-2020,20:54 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, SELUMA - Wabup Seluma, Drs. Suparto M. Si, Senin (13/4) memberikan bantuan beras kepada 8 warga di Desa Bukit Peninjauan II, Kecamatan Sukaraja yang diisolasi mandiri terdampak covid -19. Bantuan pribadi yang diserahkan wabup merupakan sebagai wujud kepedulian atas merebaknya covid-19. Penyerahan bantuan beras dipusatkan di Balai Desa BP II, dihadiri Camat Sukaraja, Kades dan perangkat desa.

"Bantuan pribadi, berupa beras. Setiap orang mendapat 10 kilo gram beras," ujar Wabup Seluma, Drs. Suparto M.Si, Senin (13/4)

Wabup mengatakan bantuan ini sebagai bentuk kepeduliannya yang ditimbulkan akibat merebaknya wabah covid - 19 yang telah menimbulkan berbagai dampak yang cukup serius dalam kehidupan masyarakat seperti dampak ekonomi serta sosial kemasyarakatan. Dimana hal ini perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan kekacauan yang lebih besar lagi meskipun telah dilakukan berbagai langkah antisipasi. "Kedelapan warga yang diisolasi, karena yang bersangkutan baru pulang dari merantau di Malaysia, Jepang dan dari Jawa," kata dia.

Wabup menekankan, untuk mengatasi dampak ini dibutuhkan dukungan unsur-unsur dari lembaga non pemerintah lainnya seperti organisasi keagamaan lembaga pendidikan dan lain-lain dimana peran organisasi non pemerintah adalah mensuport bagi kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah dalam menangani bencana seperti wabah Covid 19 ini.

"Jika ada keluarganya yang baru pulang dari luar daerah, maka harus melapor ke pemerintah desa atau pihak terkait. Dan jangan keluar rumah atau isolasi mandiri selama 14 hari. Jangan lupa pakai masker, cuci tangan pakai hand sanitizer dan jaga kebersihan. Jangan panik dan tetap waspada," ujarnya.

Wabup juga mensosialisasikan dan menyampaikan adanya Surat Edaran Pemkab Seluma terkait keberadaan dan tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Seluma yang melibatkan unsur terkait. Serta menekankan kepada instansi-instansi yang lain untuk dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada saat ini. Di Kabupaten Seluma sudah dibentuk gugus tugas yang menggunakan pergeseran anggaran sesuai dengan arahan dari pusat.

Pemerintah Kabupaten Seluma telah menganggarkan sekitar Rp 11,5 Milyar untuk kegiatan percepatan penanganan masalah Covid - 19 kegiatan tersebut terdiri dari promotif, preventif, kuratif dan dampak sosial dan dengan anggaran itu tidak cukup untuk memenuhi dan mengatasi akibat dampak yang ditimbulkan oleh wabah Corona atau Covid 19 ini. (One)

Tags :
Kategori :

Terkait