Pemprov Usulkan Tambahan 51.000 Sembako dan PKH

Selasa 14-04-2020,10:51 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Benar-Benar Siap  Lawan Covid-19

RBO   >>>   BENGKULU   >>>   Dinas Sosial Provinsi Bengkulu akan mengusulkan penambahan alokasi penerima keluarga harapan dan program sembako ditahun 2020 ini. Sesuai instruksi Pemerintah pusat, maka pemerintah daerah diperbolehkan mengusulkan penambahan karena dampak dari wabah covid-19 atau penyakit virus corona.

Kepala Dinsos Pemda Provinsi Bengkulu, Dr Iskandar ZO mengatakan, adanya kenaikan jumlah nasional terhadap program tersebut. “Ini merupakan hasil koordinasi dengan pihak Kementerian Sosial pusat. Dimana ada penambahan PKH (Program Keluarga Harapan.red) dan sembako. Sebelumnya secara nasional PKH sebesar 9,2 juta penerima menjadi 10 juta penerima. Sembako sebelumnya sebesar 15,2 juta penerima menjadi sebesar 20 juta penerima,” ujarnya Senin (13/4) kemarin.

Terkait hal tersebut, maka Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah meminta pihaknya menyurati Kementerian terkait. Pasalnya, perubahan angka bantuan sosial ini berdampak karena penyebaran virus corona. Banyak masyarakat terdampak sosial, termasuk warga yang miskin.

“Pak Gubernur sudah melayangkan surat melalui kita ke Kementerian meminta untuk tambahan dalam hal ini Provinsi Bengkulu, baik itu tambahan PKH dan penerima Sembako. Karena penduduk yang berada digaris kemiskinan dengan ada wabah covid ini akan bergeser meningkatkan angka kemiskinan lagi. Maka ini perlu dijemput bola. Beliau memerintahkan saya untuk segera mengirim surat ke Kementerian Sosial untuk menambah alokasi warga yang merupakan penerima keluarga harapan dan program sembako,” lanjutnya.

Dari data yang ada, jumlah KPM pada program Keluarga Harapan (PKH) sebesar 84.295 kepala keluarga, sedangkan program penerima sembako sebesar 127.033 kepala keluarga. Iskandar ZO menambahkan, untuk alokasi ditahun ini menunggu persetujuan dari pemerintah pusat. Rencana Pemprov akan menambah angka sebesar lima puluh satu ribu kepala keluarga dari total program keluarga harapan dan program sembako tersebut. Selain itu untuk pencairan menunggu penetapan alokasi tersebut ,setelah itu akan melakukan penghitungan pada bulan April ini.

“Mungkin besok kita baru tahu berapa jumlah alokasinya di daerah Provinsi Bengkulu. Kalau ajuan dari Pak Gubernur kemarin itu ada sebesar lima puluh satu ribu kepala keluarga. Kalau untuk proses pencairan menunggu berapa kuotanya,” tutupnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait