Gubernur Rohidin Sambut Positif 4 Aspirasi SPS

Jumat 17-04-2020,20:43 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Rohidin: Semua Elemen Terdampak Covid-19 Didata

RBO, BENGKULU – Surat resmi Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Bengkulu dengan empat aspirasi ditanggapi Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah. Gubernur menyambut baik usulan yang disampaikan SPS.

 “Terkait aspirasi dari SPS Provinsi Bengkulu kita sambut baik. Terkait itu, kita sudah bekerjasama dengan RB Media Group untuk penyaluran bantuan bahan pangan ke 10 kabupaten/kota. Disamping itu juga ada beberapa program edukasi baik melalui media cetak maupun elektronik karena ini penting sekali. Dalam penanganan wabah pandemic Covid-19 ini peran media sangat strategis untuk mengedukasi masyarakat sekaligus menyampaikan beberapa informasi penting. Maka kerjasama itu saya kira sangat positif,” ungkap Gubernur Rohidin saat dihubungi RADAR BENGKULU, Jumat (17/4).

      Kemudian yang kedua lanjut Gubernur Bengkulu tersebut, untuk teman-teman jurnalis yang melakukan tugas peliputan di lapangan, memang secara khusus beberapa hari lalu sudah dilaksanakan rapid test khusus teman-teman media yang memang banyak berinteraksi dengan yang berpotensi untuk menularkan.

 “Kemarin sudah kita rapid test semua difasilitasi Dinas Kesehatan dan Kominfo, termasuk waktu itu juga ada penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan sebagainya. Kemudian saya kira juga perlu mendapatkan perlindungan sosial dan lain sebagainya. Saya rasa perlu didata dulu, dilakukan pendataan agar sekali lagi semua elemen yang terdampak Covid-19 ini betul-betul bisa kita tangani dengan bagus. Kemudian penyalurannya juga efektif,” pungkas Gubernur Rohidin.

        Sebelumnya, Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Bengkulu menyampaikan 4 aspirasi kepada Gubernur Bengkulu dan Bupati/Walikota se-Bengkulu. Aspirasi tersebut terkait dengan pandemi covid-19 serta demi keberlangsungan perusahaan pers di daerah.

      Ketua SPS Bengkulu, Sukatno, M.Si mengatakan, virus corona atau covid-19 telah membuat perusahaan pers yang tergabung di SPS terlihat semakin lesu. Mulai dari menurunnya pendapatan iklan, berkurangnya daya beli hingga lonjakan biaya operasional media cetak. Oleh sebab itu, SPS Bengkulu menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini Gubernur, Bupati, dan Walikota di Provinsi Bengkulu.

"Kita sampaikan empat aspirasi kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota di Bengkulu, ini demi keberlangsungan perusahaan pers di daerah," kata Sukatno, kemarin.

      Adapun empat aspirasi yang disampaikan oleh SPS Bengkulu itu, paparnya,  pertama memohon kepada Gubernur Bengkulu dan Bupati/Walikota se-Bengkulu untuk menyegerakan pemasangan iklan layanan dan advetorial, termasuk iklan layanan berkaitan dengan pandemi covid-19 di seluruh perusahaan pers di Bengkulu. Jika pemasangan iklan tidak dilakukan, maka perusahaan pers sulit untuk bergerak. Pasalnya, hidup matinya perusahaan pers ada pada iklan.

      Kedua, lanjutnya, menyegerakan pencairan dana kerja sama atau publikasi, advetorial, galeri dan lainnya bagi media yang sudah berjalan kerja samanya, dari Januari-April 2020. Ini bertujuan untuk meringankan beban perusahaan pers saat pandemi covid-19 berlangsung.

Sedangkan yang ketiga, SPS Bengkulu juga meminta Pemda untuk mengalokasikan insentif atau anggaran JPS (Jaring Pengaman Sosial) kepada karyawan dan wartawan perusahaan pers yang terdampak pandemi covid-19. Dan keempat, memohon kepada Bapak  Gubernur Bengkulu dan Bupati/Walikota se-Bengkulu untuk membantu menyediakan alat pelindung kesehatan, multi-vitamin, dan lain-lain yang dirasakan perlu untuk insan pers yang bertugas di lapangan.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait