Semester Pertama, Serapan Anggaran OPD Mitra Komisi I Dinilai Cukup Tinggi

Jumat 01-05-2020,19:48 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Serapan anggaran pada APBD tahun 2019 lalu disebut cukup tinggi, meskipun demikian belum bisa dipastikan realisasi program tersebut tepat sasaran atau tidak. Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Suimi Fales, SH, MH, kemarin (30/4). Menurutnya, angka serapan tinggi diketahui setelah rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mitra Komisi I.

"Sejauh ini rapat bersama mitra Komisi I dalam membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur tahun 2019 sudah kita rampungkan. Dalam rapat pembahasan itu, kita menilai serapan anggaran pada tahun 2019 cukup tinggi," ungkap pria yang kerap disapa Wan Sui.

Hanya saja, lanjut Wan Sui yang merupakan politisi PKB Dapil Kota Bengkulu ini, pihaknya belum bisa memastikan, apakah dengan angka serapan yang tinggi itu, singkron atau tidak dengan programnya di lapangan. "Dalam artian, program yang dilaksanakan itu, tepat sasaran atau tidak. Makanya ini menjadi salah satu catatan bagi kita terhadap LKPj," kata Wan Sui.

Ia menambahkan, catatan ini diberikan karena percuma juga serapan tinggi, tapi program yang direalisasikan malah tidak tepat sasaran. "Jadinya, malah terkesan menyia-nyiakan anggaran yang sudah dialokasikan saja. Maka dari itu kita berharap antara serapan ini, singkron dengan hasil yang dicapai dari sebuah program," tegasnya.

Lebih jauh Politisi PKB ini menyampaikan, terkait LKPj sendiri, tinggal penyampaian laporan masing-masing komisi terhadap hasil pembahasan bersama mitra. "Paripurna dengan agenda penyampaian laporan yang dimaksud, berlangsung Kamis (30/4). Dalam LKPj ini kita bentuknya paling memberikan rekomendasi dan catatan saja," singkat Wan Sui.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait