Patut Dicontoh, Gerakan Sosial Berkah Ramadan, JPD BS Berbagi

Jumat 01-05-2020,20:08 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, MANNA - Dalam rangka mengisi kegiatan bulan suci Ramadan dan bersinergi bersama pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Jaringan Pemuda Desa (JPD) Bengkulu Selatan menggelar kegiatan Gerakan Sosial Berkah Ramadan. Kegiatan dilaksanakan di beberapa lokasi dan kecamatan.

Koordinator Jaringan Pemuda Desa, Kabupaten Bengkulu Selatan, Apdian Utama, SE menyebut pembagian sembako dilakukan secara door to door dan mendatangi tempat warga penerima bantuan untuk menghindari terjadinya kerumunan massa. "Pembagian sembako ini kami pilih yang sangat membutuhkan, karena pembagian sembako ini hanya sedikit, sekitar 100 paket yang dibagikan keenam Kecamatan seperti Pasar manna, Kota Manna, Pino Raya, Seginim, Air Nipis dan Pino," kata Abdian, di Kecamatan Kota Manna, Jumat (01/05).

Gerakan Sosial ini dilakukan dalam bentuk membagikan 100 paket sembako kepada warga kurang mampu dan warga terdampak Covid-19. Gerakan Sosial ini digelar selama dua hari, 29-30 April 2020 walaupun pembagian ini tidak seberapa, tapi ini murni kumpulan dari anak - anak pemuda desa yang peduli antar sesama.

Adapun rician dari 100 paket sembako yang dibagikan ini terdiri dari beras, sarden, susu, minyak goreng dan mie. Bantuan ini diberikan khusus tukang parkir, karyawan swasta yang terkena PHK, fotografer pernikahan, tukang salon, pedagang keliling, pedagang kantin di sekolah dan lain sebagainya. "Kalau dilihat dari nilainya tidak seberapa, tapi niat ingin berbaginya yang patut dicontoh, harapan kami ini menjadi stimulus bagi semua pihak agar mempererat persaudaraan dan kepedulian sosial di tengah pandemi covid-19 ini," kata Apdian.

JPD Bengkulu Selatan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19 tersebut untuk tetap tenang dan terus mengikuti kebijakan pemerintah pusat seperti tidak mudik. Melaksanakan ibadah di rumah masing-masing selama pandemi Covid-19, rajin mencuci tangan, mengurangi kontak fisik, menggunakan masker ketika keluar rumah, mengganti jabat tangan dengan ucapan santun guna mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bengkulu Selatan. "Kita sudah ada satu orang terkonfirmasi positif Covid-19, jangan sampai ini terus menyebar, mari sama-sama ikuti anjuran pemerintah, sayangi diri kita, keluarga dan orang lain," imbau Apdian.

Sementara itu, salah seorang mantan karyawan NSS yang terkena PHK, Sofyan menyampaikan terimakasih kepada kelompok pemuda yang tergabung dalam Jaringan Pemuda Desa. "Terimakasih atas kepeduliannya, semoga pandemi corona ini cepat berlalu. Dan mari sama-sama kita dukung kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai corona ini," singkat Sofyan.(afa)

Tags :
Kategori :

Terkait