Masih Ada Siswa Bengkulu Tidak Lulus

Minggu 03-05-2020,19:46 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO   >>>    BENGKULU   >>>   Walaupun sudah ada keringanan dari pemerintah terkait kelulusan siswa SMA/SMA sederajat untuk meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN), sepertinya tidak diindahkan oleh sebagian siswa di Provinsi Bengkulu. Pasalnya, hasil kelulusan siswa pada hari Minggu, 2 Mei 2020 kemarin, masih ada siswa yang dinyatakan tidak lulus. Padahal, untuk penilaian kelulusan tahun ini, sebagian sekolah ada yang mengambil nilai semester 1 sampai 5 dan nilai ujian praktik (sebelum pandemi Covid-19) untuk jenjang SMK. Sedangkan untuk SMA, menyelesaikan seluruh pembelajaran dari kelas X sampai kelas XII, memperoleh nilai sikap minimal baik, lulus USBN, memperoleh nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran minimal 75.

"Untuk jenjang SMK Negeri yang ada di Kota Bengkulu, tingkat kelulusannya mencapai 99,22 persen. Masih ada siswa yang tidak lulus," ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Bengkulu, Dr. Paidi, M.TPd pada RADAR BENGKULU kemarin.

Dijelaskannya, untuk siswa SMKN yang tidak lulus, dari SMKN 2 Kota sebanyak 6 orang, SMKN 3 Kota 2 orang, SMKN 4 Kota 4 orang, SMKN 5 Kota 2 orang. Sedangkan untuk SMKN lulus 100 persen, SMKN 1, SMKN 6 dan SMKN 7. "Siswa yang tidak lulus ini, tidak memenuhi persyaratan minimal nilai yang ditentukan untuk lulus, dan ada juga siswa yang dinyatakan Drop Out (DO)," jelasnya.

Sedangkan untuk hasil kelulusan, siswa tidak diperkenankan ke sekolah. Namun siswa menunggu di rumah. Sebab melalui online. Pihak sekolah akan mengirimkan ke WA siswa dalam bentuk PDF, sehingga jika mereka membutuhkan hasil kelulusan tersebut bisa langsung di print di rumah masing-masing.

" Alhamdulillah, sebanyak 121 siswa SMKN 7 Kota lulus 100 persen. Mereka sudah memberikan yang terbaik. Belajar dengan giat, tugas yang diberikan sekolah dikerjakan, walaupun ditengah pandemi Covid-19 ini. Untuk nilai tertinggi di sekolah kami diraih oleh Fhirda Rahniar kelas XII PH 1, dengan nilai 88,94," ujar Kepala SMKN 7 Kota Bengkulu, Destiana, M.Pd pada RADAR BENGKULU kemarin.

Sementara itu, untuk hasil kelulusan di SMAN 7 Kota Bengkulu, dari hasil rapat kelulusan kelas XII tahun ajaran 2019/2020 dengan kepala SMAN 7, Midwan Harta, S.Pd, MM, beserta dewan guru, berdasarkan kriteria kelulusan di SMAN 7 Kota, menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari kelas X sampai dengan kelas XII, memperoleh nilai sikap minimal baik, lulus USBN, dan memperoleh nilai rata-rata seluruh mata pelajaran minimal 75. "Maka seluruh siswa SMAN 7 kelas XII dari jurusan IPA dan IPS yang mengikuti USBN sebanyak 348 orang, telah memenuhi kriteria dan ditetapkan lulus 100 persen," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait