Kadinkes Prov: Tidak Perlu Malu dan Takut Tes Covid-19

Rabu 13-05-2020,21:06 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Diketahui dominasi pasien yang merupakan terkonfirmasi covid -19 merupakan orang tanpa gejala (OTG). Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes menyampaikan untuk semua pasien positif Covid-19, saat ini dalam kondisi sehat. Baik yang dirawat di rumah sakit maupun di isolasi secara mandiri.

"Stabil, karena sebagian besar itu OTG (Orang Tanpa Gejala. red). Hanya satu pasien yang memang dia ada gejala dan dirawat dan dengan penyakit penyerta," kata ujarnya.

Dikatakannya, untuk pasien OTG ini masih menunggu waktu untuk pengambilan swab pada hari ke-14 dan 15. Karena untuk kasus yang ada di Bengkulu ini ada yang sudah selesai, masih dalam proses, dan ada juga yang baru satu minggu.

"Untuk kasus terkonfirmasi ini dapat dinyatakan sembuh itu apabila hasil evaluasi nya 2 kali negatif. Dan tidak ada gejala klinis disertai dengan pemeriksaan dari laboratorium dan medis," tambahnya.

Pihaknya pun sudah melakukan tracing kepada seluruh kasus. Dan kemarin terus dilanjutkan, apalagi ratusan sampel swab yang baru dikirim kemarin.

"Mencapai 265 sebagian besar sampel ini adalah sampel dari tracking," tukas Herwan.

Lanjut Herwan, sampel swab ini dari cluster medis, cluster aparat, maupun masyarakat umum, keluarga dan dan orang lain yang pernah kontak langsung dengan kasus konfirmasi positif Covid-19. Sehingga pihaknya sudah mengambil swab orang-orang yang memiliki indikasi kontak dengan pasien positif konfirmasi.

"Termasuk yang hasil rapid test nya reaktif," ucapnya.

Termasuk melakukan pengambilan sampel yang ada di beberapa rumah sakit di kota Bengkulu. Seperti rumah sakit Rafflesia, RS Tiara Sella, dan RSHD. Sementara itu, Herwan juga mengatakan agar masyarakat yang merasa bugar maupun sehat pun belum tentu aman terhadap virus tersebut. Dirinya meminta juga agar tidak perlu malu untuk ikut tes demi kesehatan pribadi.

"Kenapa harus malu, ya kalau memang orang itu pernah kontak langsung dengan pasien konfirmasi langsung saja ikut tes periksa gratis," tutupnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait