Satelit Pantau 9 Titik Api di Provinsi Bengkulu

Rabu 08-07-2020,18:11 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, Ir. Donal Hutasoit mengatakan, dari pantauan satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di wilayah Provinsi Bengkulu, saat ini ada sembilan titik panas yang tersebar di sejumlah kabupaten di daerah ini. "Satelit milik BMKG merekem ada 9 titik api di wilayah Bengkulu. Ini tersebar di 4 kabupaten. Yakni Seluma, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah dan Bengkulu Selatan," ujarnya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Ia mengatakan, titik panas tersebut diduga bukan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), tapi titik api akibat warga membakar lahan untuk membuka kebun baru dengan ditanami tanaman keras. Seperti kopi dan tanaman lainnya. "Jadi, titik api pembakaran lahan yang dilakukan warga di 4 kabupaten di Bengkulu itu, sempat terekam satelit milik BMKG. Tapi, yang pasti titik api bukan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Bengkulu," ujarnya.

Pasalnya, lanjutnya, sampai saat ini belum ada hutan dan lahan yang terbakar di Bengkulu, meski daerah ini sudah memasuki musim kemarau. Sebab, di beberapa daerah di Bengkulu, masih banyak turun hujan, sehingga hutan dan lahan sulit terbakar. Untuk mengantisipasi karhutla di Bengkulu, dirinya meminta agar jajaran penegak hukum pun gencar melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar pada musim kemarau tidak membuka lahan baru dengan cara dibakar.

"Kita minta betul warga membuka kebun baru tidak membakar lahan. Karena, ini bisa menyebabkan hutan dan lahan di sekitarnya ikut terbakar, sehingga membuat kabut asap," sampainya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait