Semua Sekolah Mulai Belajar Hari Ini, Ini Petunjuknya

Minggu 12-07-2020,20:25 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Hari ini Senin, 13 Juli seluruh sekolah mulai melakukan proses belajar mengajar. Dalam hal ini hanya 5 kabupaten yang berstatus zona hijau dapat melakukan proses belajar tatap muka. Yakni Kabupaten Mukomuko, Lebong, Seluma, Kaur dan Bengkulu Selatan. Sedangkan daerah berstatus zona kuning dan orange seperti Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang serta Kabupaten Bengkulu Tengah belum diperbolehkan tatap muka.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat, M.Pd menegaskan, untuk metode pembelajaran daring pihak guru tetap berada di sekolah memberikan pembelajaran bagi para peserta didik yang berada di rumah.

"Metode daring bagi sekolah zona orange dan kuning belum boleh untuk melaksanakan proses belajar tatap muka. Mereka tetap belajar secara online, tapi pihak guru tetap berada di sekolah. Ada fasilitas sendiri. Tapi anak-anak tetap berada di rumah," ujarnya kemarin Minggu (12/7).

Untuk masa orientasi atau pengenalan lingkungan di sekolah akan digunakan metode daring. Namun untuk hari pertama daerah masih dalam luar zona hijau diperbolehkan bagi murid untuk mendatangi sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Masa orientasi khusus untuk kuning dan orange bisa secara daring. Kalau hari pertama mereka (murid.red) bisa melihat kondisi sekolah, namun harus tetap gunakan protokol kesehatan. Yaitu, memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan," tambahnya.

Eri juga mengimbau, agar pihak sekolah yang diperbolehkan belajar tatap muka mempersiapkan kebutuhan protokol kesehatan yang ada. Pihaknya pun akan terus mengevaluasi bagi sekolah yang masuk dalam zona hijau untuk memastikan proses belajar tatap muka tidak menyebarkan wabah tersebut. Selain itu, apabila memang ditemukan sekolah adanya kasus terkonfirmasi, maka pihak sekolah diminta untuk memberhentikan proses belajar tatap muka.

"Kita mengimbau agar menjaga kesehatan. Jaga jarak dan memakai masker dan hand sanitizer. Nanti kita akan melakukan monitoring dan evaluasi," sampainya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, dalam proses pembukaan sekolah dalam zona hijau nanti bertahap. Dirinya juga berharap pihak sekolah menerapkan sistem shift dengan dibagi ruang kelas agar tidak ada penambahan klaster kasus baru terhadap wabah covid -19.

Selain itu, dalam proses nantinya akan dilakukan evaluasi selama dua bulan. "Tatap muka harus ada, agar mereka merasakan keluarga besar sekolah tersebut. Kalau mereka tidak pernah mengunjungi sekolah, mereka tidak merasakan bagian dari sekolah tersebut. Nanti proses pembukaan sekolah zona hijau secara bertahap. Mungkin SMA dan SMP dahulu. Baru nanti tingkat SD dan PAUD. Untuk Sekolah keagamaan berkoordinasi dengan Kementerian terkait," tutupnya.

Lima Tahapan Proses Persiapan Sekolah di Tengah Kondisi Covid -19

1. Memastikan kesiapan satuan pendidikan untuk pembelajaran tatap muka dengan aman. Termasuk melakukan evaluasi terhadap pengisian daftar periksa di Dapodik atau EMIS.

2. Menentukan pembukaan satuan pendidikan berdasarkan hasil evaluasi daftar periksa kesiapan.

3. Menugaskan pendidik dari satu satuan pendidikan ke satuan pendidikan yang lain jika diperlukan.

4. Berkoordinasi dengan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

5. Memberikan peningkatan kapasitas kepada pengawas sekolah, kepala satuan pendidik dan pendidik.

Tags :
Kategori :

Terkait