Madrasah Sudah Terapkan Tatap Muka di 5 Kabupaten

Senin 13-07-2020,19:59 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Kemenag Provinsi Bengkulu menerapkan pertemuan tatap muka pembelajaran di 5 Kabupaten yang sudah zona hijau covid 19 untuk RA, MI, MTs dan MA. Adapun Zona yang sudah hijau meliputi Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Seluma, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Kaur, dan Kabupaten Lebong.

Pelaksanaan proses pembelajaran dimulai dari tanggal 17 Juli 2020. Adapun 5 kabupaten yang belum bisa mengadakan proses pembelajaran, yakni Bengkulu Utara, Kepahiang, Rejang Lebong, Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah, saat ini masih berstatus zona orange dan zona merah Covid-19. Mereka tidak boleh melakukan pembelajatan tatap muka, melainkan belajar dari rumah (BDR) melalui virtual, melalui media internet sesuai dengan kemampuan jaringan internet didaerah masing-masing. Hal tersebut disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H.Bustasar, MS.,M.Pd melalui Kabid Madrasah, Dr. H. Junni Muslimin MA kepada radarbengkuluonline.com, kemarin.

"Sesuai Surat Edaran dari Kakanwil Kemenag Bengkulu, semua madrasah yang daerahnya masuk dalam zona kuning, oranye dan merah tetap dilarang pembelajaran tatap muka, melainkan secara virtual. Sedangkan untuk Zona Hijau yang bisa adakan setelah dapat izin dari gugus percepatan penanganan covid-19. Untuk Zona Hijau ada dua tahapan. Yakni masa transisi dan masa Kebiasaan Baru. Untuk masa transisi dilakukan selama dua bulan. Yakni Juli dan Agustus 2020. Untuk peserta didik dari zona kuning, orange dan merah harus tetap melalui isolasi mandiri selama 14 hari dari kepindahan dan melakukan tatap muka. Selain itu juga selama tatap muka, maka kelas akan dibagi menjadi dua shift. Sehingga pembelajaran tetap memperhatikan protokol kesehatan, "jelas Junni.

Adapun sebagai pedoman dalam pembelajaran tatap muka pada zona hijau, tambah Junni, semua madrasah tetap berpedoman dari aturan yang ada. Yakni SKB 4 Menteri Nomor 01/KB/2020 dan 440-882 Tahun 2020 Tentang Panduan Kegiatan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020-2021 dan tahun akademik 2020-2021.(Ae-4)

Tags :
Kategori :

Terkait