Mantan Pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu, Hamzah Ahmad Dimakamkan Secara Militer

Jumat 17-07-2020,19:39 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu (Wakil Ketua) tiga  periode tutup usia. Ia adalah Kolonel H. Hamzah Ahmad, MBA yang merupakan prajurit TNI yang juga merupakan tokoh Provinsi Bengkulu asal Kabupaten Mukomuko. Hamzah yang berusia 75 tahun itu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar lepas salat Jumat kemarin. Ia meninggal pada hari Kamis, 16 Juli 2020 pukul 15.20 WIB karena sakit. Rumah duka di jalan Kuala Alam, Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu tampak ramai sejak Kamis sore.

Prosesi pemakaman diawali salat jenazah yang dihadiri ratusan orang di Mesjid Al-Musafirin, Kelurahan Nusa Indah Kota Bengkulu. Selanjutnya langsung diserahterimakan kepada negara melalui TNI angkatan darat, melalui jajaran Kodim 0407/Bengkulu di bawah Korem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu. Prosesi pemakaman secara militer.

Almarhum anak dari pasangan Ahmad dan Hj. Hapiah yang meninggalkan satu orang istri dan empat orang anak. Lahir di Mukomuko pada tanggal 23 Desember 1944 (75 tahun) yang berkiprah di TNI dengan pangkat Kolonel Art. Ia pernah menjabat sebagai Kasi Sospol Korem 041/Gamas. Adapun tanda jasa yang pernah diterimanya diantaranya penegak, Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun, Satya Lencana Kesetiaan XVIII Tahun, Satya Lencana Kesetiaan XXIV Tahun dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.

Prosesi pemakaman berjalan khidmat dan sempat diguyur gerimis usai pemakaman yang berlangsung sekitar 2 jam diselenggarakan secara militer yang diiringi tembakan salvo. Dandim 0407/Bengkulu, Kol. Inf. Uchi Cambayong menyampaikan sambutannya bahwa prosesi pemakaman secara militer merupakan perwujudan pernghormatan dan penghargaan terakhir bagi almarhum. Semoga bisa dijadikan suritauladan atas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

“Musibah ini sangat menyedihkan dan mengejutkan kita semua. Namun Tuhan Yang Maha Esa menghendakinya. Sebagai umat beragama, kita harus sabar dan ikhlas menerima musibah yang berat ini. Rasa duka pasti dirasakan, namun kita jangan larut dalam kesedihan dan rasa kehilangan atas musibah ini. Atas nama TNI Angkatan Darat mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya serta turut berduka cita kepada keluarga yang ditinggalkan. Ssemoga diberikan ketabahan dan kesabaran kepada keluarga yang ditinggalkan. Selama hidup almarhum telah menyumbangkan tenaga dan pikiran bagi bangsa dan negara. Semoga semuanya menjadi amal jariyah dan patut menjadi suritauladan bagi kita semua,“ sampai Dandim.

Hadir dalam prosesi pemakaman, Wakil Walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi, SE, MM yang juga mewakili dari pihak keluarga, Direktur Umum Bank Bengkulu, pejabat dan mantan pejabat pemerintahan. Baik provinsi maupun kota yang mengenal almarhum yang pernah berkiprah menjadi anggota DPRD dua periode.

Dedi Wahyudi kepada RADAR BENGKULU secara langsung menyampaikan bahwa selain tokoh Mukomuko juga tokoh provinsi. Terakhir almarhum berpangkat kolonel dan juga merupakan wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, dengan kinerja disiplin, tegas dan siap membela siapun asalkan benar. Pesan almarhum sebelum meninggal, minta untuk prosesi pemakaman diserahkan ke negara.

“Kita berduka kehilangan putra terbaik Mukomuko. Kehilangan orang yang kita banggakan. Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan. Pesan beliau sebelum meninggal, untuk diserahkan kepada negara. Yakni secara kemiliteran,“ tutur Wawali.

Senada yang disampaikan oleh Direktur Utama Bank Bengkulu, H.Agusalim, SE.,ME. Ia dan segenap manajemen Bank Bengkulu mengucapkan bela sungkawa yang mendalam. Karena almarhum juga orang tua kami dan juga orang tua salah satu pimpinan di Bank Bengkulu, Jufrizal Eka Putra, SE., MM dengan jabatan Pemimpin Divisi Pengembangan dan Perencanaan Bank Bengkulu.

“Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan. Salah satu tokoh Mukomuko dan pejabat militer tentunya supprot terhadap Bank Bengkulu sangat besar. Apalagi putra pertamanya berkiprah di Bank Bengkulu dan karirnya sebagai kader dengan kinerja yang bagus. Untuk itu, ucapkan terima kasih atas supportnya,“ pungkas Dirut. (Ae-4)

Tags :
Kategori :

Terkait