Nelayan Mukomuko Didorong Manfaatkan Teknologi GPS

Minggu 19-07-2020,20:10 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> MUKOMUKO >>>   Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Perikanan terus berupaya mendorong agar hasil tangkapan nelayan di daerah ini bisa maksimal. Salah satu yang dilakukan Pemkab Mukomuko yakni memberikan bantuan kepada nelayan. Diantaranya bantuan perahu dan mesin tempel. Kedepannya, Dinas Perikanan Mukomuko akan mendorong nelayan setempat memanfaatkan teknologi global positioning sistem atau GPS. Bahkan pada tahun ini, instansi tersebut akan membeli 21 unit GPS yang kemudian akan disalurkan kepada nelayan.

"Tapi yang GPS yang akan dibeli pada tahun ini, GPS yang fungsinya hanya untuk pemberi sinyal titik koordinat, atau posisi nelayan saat di laut. Manfaatnya untuk keamanan. Seandainya terjadi kecelakaan, posisi nelayan dapat langsung diketahui," kata Kadis Perikanan Mukomuko, Eddy Aprianto, SP., M.Sikepada RADAR BENGKULU kemarin (19/7).

Untuk tahun 2021 mendatang, rencananya Dinas Perikanan Mukomuko akan membantu nelayan di daerah ini GPS yang dapat memprediksi posisi ikan. Terkait rencana ini, usulan sudah disampaikan dengan Pemerintah Pusat. "Tahun depan rencananya bantuan GPS yang bakal kita berikan kepada nelayan, GPS yang fungsinya bukan hanya untuk memberi sinyal titik koordinat. Tapi juga bisa mendeteksi posisi ikan. Adapun GPS itu, usulannya sudah disampaikan ke Pemerintah Pusat," ujar Kadis.

"Berbekal teknologi yang sudah cukup canggih nanti, mudah-mudahan hasil tangkapan nelayan kita bisa maksimal. Produksi ikan Mukomuko juga meningkat," sambung Eddy.

Ditambahkan Kadis, pada tahun ini sudah tersedia anggaran sebesar Rp 54 juta yang bersumber dari dana alokasi khusu (DAK) untuk pembelian 21 unit GPS biasa. GPS baru akan dibeli 21 unit sesuai dengan jumlah proposal yang masuk dari kelompok nelayan.

"Ke depan kita terus dorong nelayan kita agar memanfaatkan teknologi saat mencari ikan. Khususnya teknologi GPS ini, karena banyak sekali manfaatnya," pungkas Eddy. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait