Kesadaran Masyarakat Terapkan Protokol Covid-19 Masih Rendah

Minggu 19-07-2020,20:49 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>  BENGKULU >>>  Jelang adaptasi menuju kehidupan normal baru di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), masyarakat yang dinilai tidak menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan Covid-19 malah semakin menjamur. Ini terungkap dalam setiap kegiatan pengawasan yang dilakukan Tim Terpadu Satgas Covid-19 Provinsi Bengkulu.

Kasatpol PP Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar M.Si mengatakan, sejauh ini pihaknya yang tergabung dalam Tim Terpadu Satgas Covid-19, bersama TNI dan Polri rutin melakukan giat pengawasan. "Hanya saja dalam kegiatan pengawasan itu, kita masih banyak menemukan ketidakdisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19," ungkap Murlin, kemarin (18/7).

Terutama, lanjut Murlin, ketika masyarakat beraktivitas di luar rumah. Padahal imbauan ataupun sosialisasi untuk menaati atau mematuhi protokol kesehatan Covid-19, terus digencarkan di tengah-tengah masyarakat. "Mengingat, dengan mematuhi protokol kesehatan itu, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Murlin.

Menurutnya, dengan masih banyaknya ketidakdisiplinan masyarakat ini, kedepan pihaknya bakal memfokuskan pada penertiban. Dalam artian bagi masyarakat yang kedapatan tidak disiplin, bisa saja dikenakan sanksi. Misal pada saat keluar rumah, tidak mengenakan masker atau menerapkan sosial distancing.

"Sikap tegas bakal kita ambil. Karena protokol kesehatan yang dikeluarkan Pemerintah, merupakan pedoman yang harus dipatuhi semua elemen masyarakat agar bisa melaksanakan berbagai aktivitas dalam situasi pandemi Covid-19. Masyarakat kita minta secara sadar mendisiplinkan diri serta keluarga dan lingkungannya agar selalu mematuhi protokol kesehatan," tutup Murlin. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait