Agusrin, Rohidin Mersyah, dan Helmi Hasan Masih Peringkat Atas

Senin 20-07-2020,21:13 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU – Agusrin M Najamuddin, Helmi Hasan dan Rohidin Mersyah masih peringkat teratas terkait dengan popularitasnya. Hal ini berdasarkan rilis hasil survei lembaga Roda Tiga Konsultan (RTK) pada periode tanggal 6 sampai 13 Juli 2020. Dengan mengambil 810 sampel dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

“Berdasarkan survei popularitas, maka urutannya Agusrin 85,8 persen, Rohidin Mersyah 79,9 persen, dan Helmi Hasan 73,8 persen. Saat kita tanyakan untuk top of mind (siapakah akan dipilih sebagai Gubernur Bengkulu jika Pilkada dilaksanakan hari ini), hasil survei menunjukkan mantan Gubernur Agusrin M Najamuddin masih menempati peringkat teratas dengan 18,4 persen. Lalu diikuti oleh Helmi Hasan 14,8 persen dan petahana Rohidin Mersyah peringkat ketiga dengan 13,2 persen. Sedangkan undecided voters jika diglobalkan 47,3 persen,” kata Direktur Riset RTK M. Taufiq Arief saat press rilis di Santika Hotel, sore Senin (20/7). Angka undecided voters atau yang belum memberi jawaban, atau yang masih rahasia masih belum menentukan pilihan sangat tinggi sampai 47,3 persen.

Kenapa angka undecided voters ini cukup tinggi, hampir 50 persen, Taufiq menerangkan hal itu wajar saja. Karena saat ini Pasangan Calon belum ditetapkan dan masyarakat belum tahu siapa calon pasangan kandidat. “Artinya, memang angka paritisipasi pemilih kita rendah jika Pilkada dilaksanakan hari ini. Sebab itu, untuk meningkatkan partisipasi pemilih, maka penyelenggara bisa melakukan banyak hal. Salah satunya bisa dengan menambah jumlah TPS ataupun mulai melaksanakan sosialisasi secara besar-besaran. Dan dengan kondisi seperti itu, maka kandidat yang akan maju dalam Pilgub Bengkulu tahun ini, juga masih punya kesempatan guna meyakinkan pemilih khususnya yang masih belum punya pilihan tersebut,” terangnya. Selain itu, dari survei yang RTK laksanakan, ketika petahana Gubernur Rohidin Mersyah disimulasikan head to head dengan Agusrin M Najamuddin ataupun head to head dengan Helmi Hasan, data RTK menunjukkan bahwa Rohidin Mersyah masih kalah dibandingkan Agusrin atau Helmi. “Kalau secara popularitas Agusrin 85,5 persen, Rohidin Mersyah 79,9 persen, Helmi Hasan 73,8 persen. Untuk elektabilitas Agusrin 59,9 persen, Helmi Hasan 58,7 persen, Imron Rosyadi 57,1 persen, Ferry Ramli 52,9 persen, sedangkan petahana Rohidin Mersyah 52,9 persen. Untuk elektabilitas dengan metode pilihan tertutup diberikan pilihan nama dan foto calon siapakah yang akan dipilih untuk jadi Gubernur Bengkulu, Agusrin 25,4 persen, Rohidin 19,3 persen dan Helmi Hasan 18,8 persen. Ketika uji elektabilitas tiga kandidat Agusrin head to head dengan Rohidin, maka Agusrin meraih 23,8 persen dan Rohidin 17,7 persen. Dan jika Helmi head to head dengan Rohidin, Helmi 23,6 persen sedangan Rohidin 22,8 persen,” kata Taufiq.

Sebelumnya Direktur Riset RTK tersebut juga menegaskan bahwa mereka bertanggunjawab penuh dengan hasil survei yang disampaikan dan mereka adalah lembaga survei resmi yang tergabung dalam Persepi. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait