28.886 Dicoklit, 344 Jiwa TMS di Mukomuko

Selasa 21-07-2020,20:27 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> MUKOMUKO >>>   Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko saat ini tengah melakukan pemutakhiran data pemilih. Kegiatan ini telah dilaksanakan empat hari dan ditemukan ratusan daftar pemilih tidak memenuhi syarat atau TMS.

Ketua KPU Mukomuko, Irsyad mengatakan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. Empat hari petugas bekerja, sebanyak 28.886 jiwa telah Dicoklit. Dari jumlah yang telah Dicoklit, sekitar 344 jiwa ditemukan TMS.

"Data sementara ditemukan sebanyak 344 jiwa TMS, dari 28.886 yang telah dicoklit," ungkap Irsyad didampingi Komisioner KPU Mukomuko, Misbahul Amri saat dihubungi radarbengkuluonline.com di ruang kerjanya Selasa (21/7).

Dari ratusan orang yang ditemukan TMS tersebut, diantaranya sudah ada yang meninggal dunia, pindah domisili dan faktor lainnya. Pihak KPU Mukomuko memprediksi jumlah daftar pemilih yang TMS ini nanti akan bertambah. Hanya saja Irsyad tidak berani mengestimasi.

"Prediksi kita jumlah pemilih yang TMS masih akan bertambah. Tapi kami akan bicara data realnya nanti ketika PPDP rampung melaksanakan Coklit. Alangkah baiknya kita sampaikan data real saja nanti," sampai Ketua KPU Mukomuko, Irsyad.

KPU mengharapkan peran aktif masyarakat dan perangkat desa serta pihak kelurahan untuk memberikan laporan kepada petugas jika ada warga yang pindah tempat atau meninggal dunia. Bukan saja untuk memudahkan petugas di lapangan bekerja, yang paling penting itu, validasi data terjamin. Sebab temuan petugas, masih ada warga yang sudah pindah domisili atau meninggal dunia, mereka masih terdata aktif.

"Harapannya, Coklit selesai dilakukan itu nantinya nanti adalah data real. Hasil dari Coklit akan dilakukan uji publik sebelum KPU menetapkan daftar pemilih tetap (DPT). Bantuan pihak desa dan kelurahan serta peran aktif masyarakat sangat menentukan," pungkas Irsyad. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait