Panen Raya, Bupati Mian Dukung Jagung Varitas Unggul Baru

Kamis 06-08-2020,19:51 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> ARGA MAKMUR >>>  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu Bersama Bupati Bengkulu Utara dan kelompok tani di Desa Aur Gading, Kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara menggelar panen jagung Hibrida Varietas Unggul Baru (VUB) berpotensi hasil tinggi, Rabu (05/08/2020).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Dandim 0423 BU, Kapolres BU, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Camat Kecamatan Kerkap, Kapolsek, Korluh Kades Aur Gading, Serta kelompok tani. Dalam acara Panen Jagung Balitbangtan, kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu melalui Kasi kerjasama pelayanan pengkajian, Dr. Shannon Nora Yuliasari, S.TP, MP dalam sambutannya mengungkapkan bahwa jagung Hibrida Variates NASA 29 merupakan bertongkol ganda dengan potensi hasil hingga 13,5 Ton/ha yang dirilis tahun 2017, sedangkan Varietas JH 37 selain potensinya tinggi hingga 12,5 Ton/ha, juga memiliki akar kuat sehingga tahan rebah.

“Kegiatan display jagung hibrida ini bertujuan sebagai media untuk membuktikan kepada petani, bahwa Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan hasil karya anak bangsa mampu berproduksi tinggi. Diseminasi adalah ajang promosi produk Litbang kepada petani langsung, sehingga setiap produk yang didiseminasikan perlu menampilkan kelebihannya. Display ini selain memperkenalkan VUB jagung dan padi gogo, juga memperkenalkan sistem tanam tumpangsari tanaman yang dikenal dengan sistem tanam TURIMAN kepada petani. Dengan rekayasa jarak tanam, sistem tanam pada teknologi TURIMAN dapat mempertahankan populasi seperti sistem monokultur,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati BU Ir. H. Mian menyambut baik prakarsa pihak BPTP Bengkulu yang telah mendukung dan mendorong Program Pembangunan Pertanian di Kabupaten Bengkulu Utaar.

“Harapannya kerjasama dengan Badan Litbang Pertanian dan BPTP Bengkulu ini dapat terus berlanjut sehingga penyuluh dan petani di kabupaten Bengkulu Utara semakin banyak yang memperoleh manfaat dari penerapan inovasi Balitbangtan.” jelas Bupati Main. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait