Boleh Bawa Catatan, Saat Debat Paslon Dilarang Bawa HP

Senin 02-11-2020,17:44 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Darlinsyah : Boleh Gelar Nobar, Tetapi Patuhi Prokes Covid-19

RBO >>>  BENGKULU >>>  Dalam debat kandidat untuk Pilkada Provinsi Bengkulu yang akan diikuti tiga Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada tanggal 9 November tahun 2020, KPU Provinsi Bengkulu mengingatkan beberapa aturan bagi peserta. Khususnya kandidat dan tim pemenangannya terkait hal yang dilarang dan dibolehkan saat pelaksanaan kegiatan debat.

''Bagi kandidat, mereka tidak diperbolehkan membawa handphone (HP) saat di podium. Tapi kalau mereka sekadar membawa catatan boleh,” ungkap anggota Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si saat kegiatan Rakor persiapan debat publik, Senin (2/11).

Sebelumnya, Darlin juga menjelaskan, pada saat debat publik nanti, Tim kampanye itu yang boleh hadir dibatasi hanya empat orang. Dimana Paslon bisa mengajak LO, atau tim pemenangan atau pimpinan Parpolnya. Mereka yang ikut dalam arena debat nanti, tidak diperbolehkan membawa alat kampanye seperti nomor urut dan yang lainnya. Sebab nanti dapat mempengaruhi suasana kondusivitas kegiatan di dalam ruangan debat nanti. “Kemudian tidak boleh meneriakkan yel-yel saat debat,” jelasnya.

Namun, bagi tim pemenangan Paslon, lanjut Darlin yang pernah menjadi Ketua KPU Kota Bengkulu tersebut, diperbolehkan untuk membuat kegiatan nonton bareng di posko pemenangan masing-masing. “Boleh melaksanakan nobar di posko atau Sekretariat tim pemenangan Paslon. Tapi dengan syarat jumlah peserta nobarnya tidak boleh lebih dari 50 orang. Karena kita tetap sesuai protokoler kesehatan Covid-19. Begitu juga dengan kandidat Paslon dan tim yang hadir saat debat, itu wajib menggunakan masker serta face shield dan diukur suhu tubuhnya dengan alat thermo gun. Kegiatan debat public ini akan kita siarkan secara langsung serta ada siaran tundanya, baik di televisi RBTV maupun di radio agar apa yang disampaikan oleh kandidat saat debat bisa tersampaikan ke masyarakat. Sebab itu, meskipun tidak berkesempatan hadir langsung dalam debat, bagi tim Paslon bisa menyaksikan dari tempatnya masing-masing melalui siaran televisi serta mendengarkan live dari radio,” pungkas Darlin. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait