2 Desa Kecamatan Selagan Raya Ikut Pilkades Serentak

Rabu 02-12-2020,20:06 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Sebanyak 2 Desa di Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko, dijadwalkan ikut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 mendatang. Desa yang dijadwalkan ikut Pilkades serentak, yaitu Desa Talang Buai dan Desa Lubuk Bangko. Kendati jadwal pelaksanaan Pilkades serentak ini belum ditetapkan, namun kedua desa tersebut sudah siap untuk ikut Pilkades serentak yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko tahun depan.

Untuk memastikan roda pemerintahan desa tetap berjalan dengan baik, saat ini Kepala Desa (Kades) kedua desa tersebut dijabat oleh Penjabat sementara (Pjs) Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kecamatan. "Semenjak masa jabatan Kades dua Desa itu habis, langsung diisi dengan Pjs. Sehingga roda pemerintahan desa tetap bisa berjalan sebagaimana biasanya. Terutama di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan," ucap Camat Selagan Raya, Khairul Saleh, S.Km, MM kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Sambungnya, sementara untuk kesiapan Pilkades serentak ini semuanya ditanggung panitia dari Pemkab Mukomuko. Baik itu dari surat suara, kotak suara, dan kelengkapan lainnya. Desa hanya memfasilitasi pada saat hari pencoblosan saja. Mungkin masalah makanan pada saat hari pencoblosan. Kalau masalah perlengkapan lainnya ditanggung panitia dari Pemkab Mukomuko.

Ditambahkan, sejauh ini belum ada gambaran kapan Pilkades serentak ini akan dilaksankan. Kalau berdasarkan jadwal Pilkades serentak di Kabupaten Mukomuko dilaksankan satu kali dalam dua tahun. Seharusnya Pilkades serentak dilaksanakan tahun 2020 ini. Namun dikarenakan wabah Covid-19 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, jadi pelaksanaan Pilkades diundur tahun 2021 mendatang. "Belum tahu kapan pelaksanaannya. Mungkin tahun depan setelah Pilkada," demikian Khairul Saleh.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait