12 Wartawan Ikuti UKW

Rabu 02-12-2020,20:14 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dilaksanakan pada Rabu (2/12) kemarin di Ruang Pola Kantor Pemda Provinsi Bengkulu. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni didampingi Ketua Panitia UKW Angkatan XII PWI Provinsi Bengkulu, Syah Bandar yang juga merupakan General Manager Harian RADAR BENGKULU mengatakan, seharusnya kegiatan UKW dilaksanakan pada tahun depan.

Tapi karena antusias permintaan para peserta untuk tetap dilaksanakan saat ini, sehingga tetap digelar dengan mengikuti aturan protokol kesehatan. Dimana ada sebanyak 12 orang berasal dari media cetak, elektronik, dan media online dengan kategori UKW Muda, UKW Madia serta UKW Utama.

"Dalam angkatan tahun ini ada sebanyak 12 peserta yang mengikutinya. Diantaranya terdiri dari daerah Kabupaten Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara, Kota Bengkulu dan Kabupaten Mukomuko," terang Zaky.

Materi yang akan diberikan, katanya, seperti penulisan berita yang benar, mewawancarai narasumber bahkan juga mengetahui Kode Etik yang ada. Selain itu ditahun depan kegiatan UKW ini akan dilaksanakan kembali pada bulan Maret tahun depan.

"Untuk materi ini tentunya macam macam. Semua itu pekerjaan sehari hari para rekan- rekan wartawan. Seperti bagaimana menulis berita, mewawancarai narasumber, kemudian jaringan wartawan juga kalau ada butuh konfirmasi berita. Kemudian menulis berita itu sudah sesuai standar apa belum, termasuk juga terkait kode etik," tuturnya.

Sementara itu, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemprov Bengkulu, Supran mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini. Dengan digelarnya UKW tersebut tentu menambah profesionalisme para pekerja wartawan yang ada di Bengkulu.

Selain itu juga membantu tugas- tugas pemerintahan daerah dalam memberikan informasi positif ke masyarakat. "Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena uji kompetensi harus dilakukan agar para wartawan bisa menjadi profesional. Bisa memberikan informasi positif, juga membantu pemerintahan berita ke publik seperti tugas -tugas pemerintahan daerah. Untuk menyajikan berita positif ini harus juga didukung kemampuan wartawan profesional dan memiliki legalitas yang jelas. Kita berharap nanti yang lulus seleksi UKW ini merupakan wartawan yang andal serta profesional," tutupnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait