Kepsek TK/PAUD Harus Penuhi 15 Standar Kompetensi Manajerial

Jumat 04-12-2020,19:13 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI) Provinsi Bengkulu, Wisna, S.Pd mengatakan, dalam pengisian instrumen penilaian kinerja Kepala Sekolah (Kepsek) TK dan PAUD, terdapat 15 standar kompentensi manajerial yang wajib dimiliki oleh Kepsek tersebut. Supaya, standar kualitas pendidikan semakin berkualitas. "Memang pengisian instrumen penilaian Kepsek terbagi menjadi beberapa standar, seperti kepribadian, manajerial, kewirausahaan, suvervisi dan sosial," kata Wisna kepada radarbengkuluonline.com, Jumat (4/12) .

Dipaparkannya, dari 15 kompetensi iti, manajerial Kepsek yang harus dipenuhi, 1. Menyusun perencanaan satuan/program PAUD untuk berbagai tingkatan perencanaan. 2. Mengembangkan organisasi satuan/program PAUD sesuai dengan kebutuhan. 3. Memimpin satuan/program PAUD dalam pendayagunaan sumber daya nya secara optimal. 4. Mengelola perubahan dan pengembangan lembaga menuju organisasi pembelajaran yang efektif . 5. Menciptakan budaya dan iklim satuan/program PAUD yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran anak usia dini. 6. Mengelola guru dan tenaga administrasi satuan/program PAUD dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.

Kemudian yang 7, mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal, 8. Mengelola hubungan satuan/program PAUD dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah, 9. Mengelola pengembangan kurikulum, dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional. 10. Mengelola keuangan satuan/program PAUD sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien. 11. Mengelola ketatausahaan satuan/program PAUD dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah, 12. Mengelola unit layanan khusus satuan/program PAUD, dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah, 13. Mengelola sistem informasi satuan/program PAUD, dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. 14. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen satuan/program PAUD. 15. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.

Dari 15 standar tersebut, pihaknya berharap Kepsek TK di Provinsi Bengkulu, dapat menenuhi standar yang diinginkan itu, supaya manajerial Kepsek benar-benar berkualitas. "Sehingga tidak ada lagi Kepsek yang diragukan lagi kualitasnya dalam memimpin lembaga TK. Inilah yang kami harapkan, mengelola manajerial dengan baik tentunya akan menghasilkan murid yang berkualitas juga," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait