Poktan Talang Medan Sukses Budidayakan Bawang Merah

Selasa 05-01-2021,18:54 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> SELAGAN RAYA >>>  Kelompok Tani (Poktan) Tunas Muda di Desa Talang Medan, Kecamatan Selagan Raya berhasil budidayakan bawang merah. Bagaimana tidak. Dari satu umbi bawang merah yang ditanam Poktan berhasil panen dengan 10 umbi. Sementara luas lahan kurang lebih 2 hektar dengan bibit yang digelontorkan sebanyak 1,70 ton. Keberhasilan Poktan Tunas Muda ini, kedepan tentu bisa menjadi percontohan untuk Poktan lain yang mau mengembangkan tanaman bawang merah.

Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Selagan Raya, Agus Giono mengatakan, bantuan bibit bawang merah yang dikembangkan Poktan Tunas Muda Desa Talang Medan itu bersumber dari APBN yang digelontorkan langsung Kementerian Pertanian pusat melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko.

"Bantuan bibit atau Variates Pilip yang berasal dari NTB ini bersumber dari APBN. Demikian juga dengan bantuan pupuknya," kata Agus saat ditemui radarbengkuluonline.com di kantor BPP Kecamatan Selagan Raya kemarin.

Ditambahkannya, saat ini harga bawang merah cukup menjanjikan. Karenanya, dari sekian Poktan yang ada di Kecamatan Selagan Raya ini, baru satu Poktan yang mulai tertarik untuk mengembangkan tanaman bawang merah.

"Selama ini belum ada Poktan di Kecamatan Selagan Raya yang budidayakan bawang merah. Baru kali ini, dan hasilnya alhamdulillah cukup memuaskan," demikian Agus.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait