TA 2021 Pemdes Sungai Ipuh Bangun JUT 4 Km

Minggu 10-01-2021,18:31 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Ipuh, Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko tahun ini terus berupaya melanjutkan pembangunan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Berdasarkan hasil Musyawarah Desa (Musdes), pembangunan fisik yang diwacanakan yaitu, pembukaan badan jalan baru atau pembukaan Jalan Usaha Tani (JUT) dengan ukuran panjang 4 Kilo meter. Pembangunan jalan rabat beton. Dan termasuk rencana pembangunan tugu padi.

Kepala Desa (Kades) Sungai Ipuh, Burzan saat dihubungi mengatakan, sesuai dengan usulan yang disampaikan masyarakat dalam Musdes yang dihadiri BPD dan tokoh masyarakat beberapa waktu lalu, memang Tahun Anggaran (TA) 2021 ini ada beberapa item kegiatan fisik. Termasuk rencana pembangunan tugu padi.

"Rencana pembangunan fisik itu, sesuai dengan kesepakatan yang dilahirkan dalam Musdes beberapa waktu lalu. Nanti usulan itu kita sepakati lagi dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes)," ucap Burzan kepada radarbengkuluonline.com  kemarin.

Sambungnya, untuk pembangunan jalan rabat beton tahun 2020 lalu sudah pernah direncanakan. Namun, gagal direalisasikan lantaran anggaran digunakan untuk kegiatan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Termasuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD). " Jadi, untuk pembangunan jalan rabat beton tahun ini kembali kita anggarkan. Mudah-mudahan jika tidak ada halangan, semua perencanaan kita ini bisa direalisasikan," imbuhnya.

Sesuai dengan Permendes Nomor 13 dan nomor 14 tahun 2020, masing-masing desa juga dituntut untuk tetap menganggarkan BLT, pengembangan Badan Milik Desa (BUMDes), kegiatan yang bertujuan untuk pemulihan ekonomi masyarakat desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, dan kegiatan pencegahan kasus stunting. Selanjutkan Pemdes juga diminta agat menggunakan DD desa sesuai dengan barometer yang sudah ditetapkan.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait