Sistim Daring, Sulitkan Siswa SMKN 3 Kota Bengkulu

Senin 01-02-2021,20:20 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  SMK Negeri 3 Kota Bengkulu mengalami kendala dalam sistem pembelajaran daring ini. Mereka sangat sulit untuk praktik. Padahal sekolah ini banyak praktiknya. ‘’SMK Negeri 3 ini ada sistem praktiknya. Selama pandemik ini terpaksa tertunda. Yang banyak melakukan praktik dan kegiatan yang nyata sekarang tertunda dengan melakukan kegiatan materi saja. Jadi, buat mereka yang mempunyai kesempatan dalam keterampilan yang sempurna itu lebih berkurang dan tidak ada,’’ ujar Ketua Jurusan Kecantikan SMKN 3 Kota Bengkulu, Rusmalina (46) kepada radarbengkuluonline.com  tadi siang (1/2) di sekolahnya. Pada awal sekolah online ini, lanjutnya, pihaknya cuma beri materi lewat video yang kirim dari WA. Disini juga dijelaskan ini contoh video untuk praktik untuk siswa secara pribadi dan buat perkolompok. ‘’Dalam praktik tersebut bisa meminjam kosmetik dari sekolah dengan catatan peminjaman kosmetik harus menulisnya dibuku dan setelah selesai harus mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh gurunya dan dikirim ke wa, grup facebook. Dan untuk laporannya bisa kirim ke sekolah agar ada bukti mengerjakannya.’’

Jadi, selama pandemik ini yang bisa dilakukan dengan cara memberi video dan gambar-gambar untuk siswa-siswa agar memahami materi yang telah diberikan. Tidak mungkin juga dengan cara untuk mendatangi siswa satu persatu ke rumahnya. Karena kan jumlahnya banyak. ‘’Mungkin dengan cara itu kami bisa mendidik mereka dengan baik untuk sekarang ini,’’ ujar Rusmalina.

Sebelum pandemic, paparnya, dia melakukan praktik. Seperti menyuruh siswa untuk mencari klain untuk merias mereka yang umurnya 54 tahun. Itu kan pasti harus merias mereka dengan menyentuh muka mereka. Beda dengan sekarang ini. Karena pandemik ini masih ada, jadi sekolah masih takut juga untuk menyuruh siswa mencari klain. ‘’Karena kan kita gak tau asal mereka. Bagaimana mereka, ada penyakit ya gak tau kita. Maka dari itu kami lebih memilih dulu untuk memberi materi-materi saja kepada siswa. Jadi, kami memberi tugas-tugas dengan tutorial yang mereka lakukan dan praktikum dengan teman-teman mereka yang dekat dan membuat perkelompok gak seperti biasanya yang hanya individu saja. Dan hasilnya nanti seperti video, berupa foto, berupa fotopolio dan dikumpulkan.’’

Sistem pembelajaran magangnya sendiri, juga bakal dilakukan dengan sistem projek dan juga ke lapangan seperti industri-industri di luar sana. ‘’Sistemnya diatur juga oleh setiap jurusan dengan melakukan projek yang dilakukan di rumahnya masing-masing. Dan nanti guru pembimbing melakukannya ke siswanya langsung,’’ ujar Kepala Hubungan Masyarakat Industry SMKN 3 Kota Bengkulu, Eva Efriani (38) menambahkan.

Harapan dari Ketua Jurusan Kecantikan SMK Negeri 3 ini semoga corona ini cepat berlalu dan bisa melakukan kegiatan seperti biasanya. Siswa-siswi bisa melakukan praktik dengan baik, bisa melakukan magang dengan baik juga.

‘’Jadi bagi siswa-siswi SMK Negeri 3 Kota Bengkulu tetap semangat untuk melakukan kegiatan sekolah selama pandemik ini. Semoga semua cepat berlalu.’’ (Mg-2)

Tags :
Kategori :

Terkait