Puluhan Bunga Rafflesia Tumbuh dan Mekar di Pondok Suguh

Minggu 21-03-2021,18:53 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  MUKOMUKO <<<  Puluhan bongkol Bunga Rafflesia tumbuh di kebun warga di wilayah Desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko. Satu diantaranya sedang mekar sempurna. Hal ini dibenarkan Kades Air Berau, April ketika dihubungi radarbengkuluonline.com, Minggu (21/3).

Kata Kades, orang pertama yang menemukan lokasi tumbuhnya Bunga Rafflesia adalah Bapak Manto dan Ibu Desyta. "Kebetulan lokasinya berada di kebun yang mereka kelola. Kebunnya itu kalau tidak salah milik Pak Kartoni," ungkap Kades.

Disampaikan kades, jarak lokasi tumbuh Bunga Rafflesia itu dengan Desa hanya sekitar setengah jam sampai satu jam perjalan menggunakan sepeda motor.

Pihak Pemerintah Desa setempat berencana akan mengecek langsung ke lokasi Bunga Rafflesia yang mekar tersebut. Pihaknya ingin memastikan ada berapa bongkol bunga Rafflesia yang tumbuh dan berapa yang sudah mekar.

"Kalau informasinya, ada puluhan bongkol yang mekar baru satu," ujar Kades.

Kades mengimbau kepada masyarakat Air Berau dan sekitarnya, serta para pengunjung yang akan melihat Puspa langka itu untuk tidak merusak bunga dan habitat tumbuhnya.

"Kami sudah mengimbau jangan ada yang merusak Bunga Rafflesia itu. Kita akan gali, barangkali keberadaan Bunga Rafflesia itu bisa menjadi daya tarik wisata bagi Air Berau," demikian Kades.

Pemilik kebun, Kartoni yang berhasil dihubungi radarbengkuluonline.com secara terpisah mengungkapkan, benar lokasi tumbuh Bunga Rafflesia itu berada di areal kebun miliknya. Tepatnya di kawasan Lubuk Panjang Pondok Suguh.

Kata Kartoni, di lahan kebunnya masih tersisa hutan yang sekarang banyak ditumbuhi Bunga Rafflesia. "Yang nemu pertama penjaga kebun saya itu. Sudah saya bilang jangan dirusak," katanya.

Kartoni menyebutkan, ada sekitar 30 an bongkol Bunga Rafflesia yang tumbuh dengan ukuran berbeda-beda. Ia juga mengatakan satu diantaranya sudah mekar sempurna.

Ia mengatakan siap mengantar bagi pihak pemerintah yang ingin mengecek langsung keberadaan Bunga Rafflesia yang banyak tumbuh di lahan kebunnya itu. "Nanti kalau ada dari pemerintah mau ngecek kita siap fasilitasi," singkat Kartoni.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST.,MT. mengatakan, ia sudah mendapat informasi ada Bunga Rafflesia yang mekar di wilayah Pondok Suguh.

Selanjutnya, pihak Disparpora bakal mengecek langsung ke lokasi. Tujuannya untuk menghitung jumlah yang tumbuh dan memastikan kawasan yang menjadi lokasi tumbuhnya Bunga Rafflesia itu tidak dirusak.

"Jika memungkinkan kita akan pastikan pula ini jenis bunga rafflesia apa. Kami sekarang sedang mengumpulkan informasi-informasi dari kontak yang bisa kami hubungi," pungkas Kadis Parpora. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait