Pekan Sagu, Disdukcapil Libatkan Primadona Desa

Minggu 28-03-2021,20:09 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, SELUMA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terus meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat. Salah satu inovasi pelayanan yang diberikan yakni program yang dinamakan " Pekan Sagu" singkatan dari Pelayanan Kependudukan Sabtu dan Minggu.

Kepala Dinas Disdukcapil Seluma, Hj. Irzani  M.SI Sabtu menjelaskan, program Pekan sagu merupakan salah satu inovasi yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat masyarakat memiliki Dokumen Induk (Dokduk). inovasi ini sudah direview oleh Kemenpan RB pada kegiatan laboratorium inovasi (Labinov) tahun 2020. "Melalui program pekan sagu ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk memiliki dokumen induk. Sehingga bagi masyarakat yang pada hari-hari kerja dari Senin-Jumat tidak sempat mengurus adminduk, dapat terakomodir melalui program pekan sagu," terang Kepala Disdukcapil Seluma, Hj. Irzani M.S.I, Minggu (28/3.

Melalui program Pekan Sagu ini juga petugas Disdukcapil bisa leluasa menyelesaikan tunggakan pekerjaan.

"Program pekan sagu terjadwal, dengan melibatkan Petugas Registrasi Melayani Anda (Primadona) di desa atau wilayah" sampai Irzani.

Ditambahkan Irzani, pada dasarnya program Primadona merupakan pelayanan administrasi kependudukan berbasis zonasi.

"Seluruh ASN dan tenaga kontrak di Disdukcapil Seluma diberi tugas sebagai Primadona. Selain itu, Disdukcapil juga menunjuk perangkat desa atau petugas yang ada di Desa sebagai perpanjangan tangan Disdukcapil," sampainya. (0ne)

Tags :
Kategori :

Terkait