SMKN 4 Kota Bengkulu Terapkan UAS Berbasis Daring

Senin 29-03-2021,20:26 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Dihari pertama Ujian Akhir Sekolah (UAS) kelas XII di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu menerapkan UAS berbasis daring (online). Dimana, siswa mengisi soal ujian melalui HP, namun siswa mengerjakan di sekolah dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Alhamdulillah, UAS di hari pertama berjalan dengan baik. Ujian dimulai dari 07.30 sampai 11.45 WIB, dari dua mata pelajaran yang diujikan. Dihari ini (Senin-red), mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Setelah itu Matematika. Siswa yang mengikuti ujian sebanyak 156 orang, dari jurusan Teknik Bodi Otomitif, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Besi Sepeda Motor, Teknik Kapal Penangkap Ikan, Nautika Kapal Penangkap Ikan, Rekayasa Perangkat Lunak," ujar Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu, Dr. Paidi, M.TPd kepada radarbengkuluonline.com, Senin (29/3).

  Dijelaskannya, untuk UAS yang diterapkan pihak sekolah dengan metode daring menggunakan aplikasi google classroom, yang sudah terkontrol langsung di server sekolah. Sehingga, siswa tidak bisa membuka aplikasi yang lain saat mengerjakan soal ujian. Sebab, ada token seperti pasword yang diberikan oleh pengawas ujian, untuk siswa menjawab soal tersebut.

"Untuk ujian daring kami gelar sampai tanggal 31 Maret 2021 dari enam mata pelajaran. Sedangkan untuk mata pelajaran yang diujikan, berhenti di kelas X dan XI, penilaian siswa menggunakan portofolio, seperti mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital, Seni Budaya, Sejarah Indonesia, Fisika, Kimia/Ekonomi Bisnis/Dasar Bidang Keahlian, Biologi, Dasar Bidang Keahlian dan Kompetensi Keahlian. Penilaian portofolio itu, berdasarkan nilai rapor. Contoh Seni Budaya itu dua semester, nanti dilihat nilai semester 1 dan 2 berapa, ditambah dengan prestasi di kelas XI dan XII ada tidak prestasi di bidang Seni Budaya. Misalnya pernah menjuarai tingkat Kota, nanti akan ada tabel khusus untuk diakomodir untuk penambahan nilai portofolio tersebut," jelasnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait