Pasca Lebaran, Hanya Operasi Pengetatan Saja

Minggu 16-05-2021,19:11 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono, M.Si bersama pejabat utama mengecek pos penyekatan mudik di perbatasan Provinsi Bengkulu – Lampung. Yakni di Kabupaten Kaur dan Pos Penyekatan Provinsi Bengkulu – Sumatera Selatan, yakni di Kabupaten Bengkulu Selatan. Pengecekan ini untuk memastikan posko pengamanan mudik di simpul-simpul keramaian berjalan aman dan lancar.

”Hari ini ada 2 titik utama penyekatan yang menjadi prioritas. Yakni pos perbatasan Kaur dan Manna," ujar Kapolda kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Diterangkannya, ada beberapa fase operasi yang dilalui. Fase pertama, pengetatan perjalanan pra larangan mudik selama tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021. Fase kedua, larangan mudik selama tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Fase ketiga, pengetatan perjalanan pasca larangan mudik selama tanggal 18 hingga 24 Mei 2021.

Kapolda Bengkulu juga mengapresiasi kinerja para petugas di lapangan. Sejauh ini mereka menjalankan tugas dengan baik dengan tetap mengedepankan antarsatuan, yakni TNI-Polri, Satpol PP unsur masyarakat, serta stake holder lainnya. Oleh karena itu, Kapolda juga menyampaikan bahwa Pospam penyekatan akan terus dilaksanakan hingga 24 Mei mendatang guna mengantisipasi arus balik pemudik yang mengambil start lebih awal dari aturan larangan mudik sebelumnya. Personel juga diminta harus mengerti aturan bagi para pengedara. Seperti diperbolehkan, perjalanan dinas atau bekerja, Kunjungan keluarga yang sakit, kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal, Ibu hamil ditemani satu orang anggota keluarga, kepentingan persalinan ditemani maksimum dua orang anggota keluarga dan kepentingan non-mudik lainnya dilengkapi surat keterangan dari kepala desa atau lurah setempat.

"Saya minta anggota untuk memahami job description dan cara bertindak masing-masing dalam menghadapi masyarakat yang akan melewati perbatasan. Kami juga imbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga diri, menjaga keluarga dan jaga negara dan berharap Bengkulu yang telah jadi daerah orange bisa kembali jadi zona hijau," sampai Kapolda. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait