Gubernur Minta Komisi VIII Dukung Bengkulu Embarkasi Sendiri

Kamis 20-05-2021,12:37 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Dalam pertemuan dengan Komisi VIII DPR RI kemarin, Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah menyampaikan aspirasi agar Komisi VIII mendorong usulan Pemprov Bengkulu, agar Embarkasi Haji tidak melalui Padang lagi.  Gubernur menyampaikan bahwa usulan ini sudah lama disampaikan, namun sampai saat ini belum juga mendapat titik terang.

"Usulan lama terkait embarkasi ini kita minta dukungan Kemenag yang merupakan mitra kerja Komisi VIII agar Embarkasi Haji ini tidak lagi melalui Padang," ungkap Gubernur Rohidin kepada rombongan ketua Komisi VIII DPR RI.

Dikatakan Gubernur bahwa terkait dengan Embarkasi Haji ini juga berkaitan langsung dengan efesiensi APBD Provinsi. Dimana jika embarkasi Haji tidak lagi melalui Padang, maka biaya yang cukup besar tidak mesti dikeluarkan oleh Pemprov Begkulu melalui APBD.

"Anggaran kita cukup besar untuk biaya angkutan Calon Jemaah Haji (CJH) dari Bengkulu ke Padang. Kita kan ada 3 kloter. Kalau bisa langsung 3 pesawat itu langsung. Atau kalau masih digabung dengan Padang tidak apa-apa, namun kita minta dari Jeddah itu langsung ke Bandara Fatmawati," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto menyatakan, apa yang diaspirasikan oleh Gubernur tersebut akan menjadi komitmen mereka untuk didorong secara serius. "Apa yang sudah disampaikan Gubernur dan jajarannya mengenai rekanan kerja kita di Komisi VIII DPR RI akan kita seriusi," katanya.

Termasuk juga terkait dengan keinginan Pemprov Bengkulu yang menginginkan embarkasi haji tidak lagi melalui Padang, juga optimis bisa dilakukan. Sehingga Pemprov Bengkulu tidak lagi perlu mengeluarkan biaya besar untuk memberangkatkan dulu JCH dari embarkasi Bengkulu ke Padang.

"Saya yakin dengan pendekatan secara persuasif dan personal, in sya Allah Bengkulu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang sia-sia. Oleh karena itu, efektivitas dari sisi JCH dan efisiensi APBD bisa ditekan dengan sedemikian rupa," singkatnya. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait