Dempo Ketua Komisi IV, Suhardhi Ketua BK

Senin 24-05-2021,19:59 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Jabatan AKD Melanjutkan Periode Sebelumnya Tinggal 6 Bulan

RBO >>> BENGKULU >>>  Setelah berlangsung cukup lama dan panjang kosongnya jabatan Ketua Komisi IV serta Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Bengkulu, bahkan kekosongan terjadi sejak Pilkada Serentak tahun 2020 lalu, Senin tanggal 24 Mei 2021, Lembaga legislative DPRD Provinsi Bengkulu telah resmi melakukan pemilihan Ketua Komisi IV serta Ketua BK. Dimana politisi muda yang juga sekretaris DPW PAN Provinsi Bengkulu, Dempo Xler S.Ip, M.AP berhasil terpilih menjadi ketua menggantikan jabatan yang ditinggalkan Edison Simbolon. Sedangkan Ketua Fraksi Demokrat Provinsi Bengkulu, H. Suhardhi DS SH terpilih sebagai Ketua BK yang sebelumnya dipegang oleh mantan anggota Fraksi Golkar Imron Rosyadi. “Tadi memang cukup alot proses pemilihan AKD untuk Ketua Komisi IV dan Ketua BK. Tadinya kita berharap proses pemilihan pimpinan AKD ini apakah bisa ditunda hingga proses PAW dan pelantikan pengganti dewan yang mundur sebelumnya. Tapi tadi di forum paripurna mayoritas menyetujui pemilihan AKD dilaksanakan hari ini. Dan kita menjunjung tinggi aspirasi dari peserta yang hadir paripurna tadi. Memang tidak ada salahnya dilaksanakan sekarang. Tadi Ketua BK terpilih, Pakde Suhardhi. Kemudian Ketua Komisi IV, Dempo Xler,” ungkap pimpinan sidang paripurna DPRD Provinsi Bengkulu yang juga Wakil Ketua I DPRD Provinsi, Samsu Amanah S.Sos, kepada radarbengkuluonline.com Senin (24/5).

Adapun dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi S.Ip, MM terkait pemilihan pimpinan AKD tadi, dia menyampaikan bahwa untuk BK ketuanya H. Suhardhi DS dengan pertimbangan kalau selama ini Ketua Komisi IV itu Edison Simbolon dari Fraksi Demokrat. Sekarang dengan mundurnya Simbolon, maka Fraksi Demokrat tidak berada di pimpinan AKD. Sebab itu, karena di BK ini hanya berempat. “Dimana kami hanya berempat, Saya, Sefty Yuslinah, Suhardhi dan Renjes. Karena pandangan kita beliau masih layak kita pilih secara musyawarah dari Demokrat. Sedangkan Ketua Komisi IV terpilih Dempo Xler, dengan jumlah suara 5 banding 2. Dimana total anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu saat ini jumlahnya 7 orang anggota dewan,” kata Edwar Samsi.

Sementara itu dari politisi Muda PAN Dapil Kota Bengkulu, Dempo Xler S.Ip, M.AP setelah terpilih menjadi Ketua Komisi IV, Mantan Ketua BM PAN Provinsi Bengkulu mengatakan memang proses pemilihan Ketua Komisi ini sudah agak terlambat. Sebab, sudah diusulkan sejak bulan Desember tahun 2020 lalu. Tapi karena kondisi DPRD memang cukup sibuk dengan jadwal pembahasan banyak Perda. Alhamdulillah dalam paripurna hari ini tadi telah dilaksanakan pemilihan. “Memang tadi agak alot proses pemilihannya. Dari jam 10 sampai jam 12. Bahkan sempat di skors tadi paripurna. Kemudian setelah dilanjutkan, tadi kawan-kawan sudah musyawarah mufakat dan mengamanahkan saya memimpin Komisi IV hingga rentang waktu kedepan ini,” kata Dempo.

Diakui oleh Dempo, memang ada beberapa pekerjaan rumah yang sudah menunggu Komisi IV. Seperti pembahasan Raperda tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Covid-19. “Sekarang prosesnya Raperda itu sedang di Kemendagri. Kemudian Komisi IV ini kita ingin posisinya menjadi mitra strategis pembinaan pembangunan Provinsi Bengkulu dengan mitra terkait. Misalnya Dikbud, Dinsos, Dinkes dan lain-lain, karena memang selama ini setelah saya amati secara pribadi, DPRD menjadi lembaga yang cukup disorot oleh publik, terutama soal kinerja. Walaupun memang tidak ada indikator yang terukur sebagai DPRD, karena kita ini fungsinya ada tiga. Yaitu, pengawasan, penyampaian aspirasi dan penganggaran. In sya Allah saya dan teman-teman di Komisi IV akan maksimal mengawal semua itu untuk kepentingan masyarakat Bengkulu secara luas.”

Sebelumnya diketahui dalam pemilihan Ketua Komisi IV ada dua kandidat yang bersaing. Yaitu Zulasmi Octarina SE dari Fraksi NasDem, yang selama ini menjabat sebagai Sekretaris Komisi IV. Namun dengan terpilihnya Dempo, maka susunan Ketua Komisi IV Dempo Xler S.Ip, M.AP, Wakil Ketua Sudirman Alip S.MHk, Sekretaris Zulasmi Octarina SE. Adapun saat ditanyai usai pemilihan, Zulasmi Octarina mengatakan, proses pemilihan sudah selesai. “Alhamdulillah sudah selesai pemilihan Ketua Komisi IV tadi. Dan periode jabatannya hanya sekitar 6 bulan kedepan. Sebab, melanjutkan AKD sebelumnya sesuai dengan Tatib itu 2,5 tahun masa jabatan AKD,” singkat Rina --panggilan akrab politisi perempuan NasDem Dapil Rejang Lebong dan Lebong ini. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait