Pemdes Lubuk Bangko Tingkatkan Infrastruktur

Rabu 02-06-2021,18:18 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> SELAGAN RAYA >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Bangko, Kecamatan Selagan Raya, Kabupaten Mukomuko terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa di bidang pertanian perkebunan dan persawahan. Dimana Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2021 ini mayoritas digunakan untuk peningkatan infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT). Mulai dari pembangunan rabat beton, plat deker hingga pembukaan badan jalan baru untuk akses pertanian perkebunan dan persawahan. Setidaknya ada 6 item kegiatan pembangunan fisik yang bakal direalisasi DD TA 2021.

Adapun kegiatan fisik yang akan direalisasikan, yaitu peningkatan (rabat beton) JUT di wilayah dusun 3 dengan ukuran panjang 550 meter, pembukaan badan JUT baru dengan ukuran panjang 111 meter, peningkatan (rabat beton) JUT persawahan pondok lamo dengan ukuran panjang 156 meter, peningkatan (rabat beton) JUT di wilayah dusun I dengan ukuran panjang 50 meter dan pembangunan jembatan gorong-gorong. Dimana total dana desa yang digelontorkan untuk 6 item kegiatan pembangunan fisik tersebut kurang lebih sekitar Rp 800 juta.

Pj Kepala Desa (Kades) Lubuk Bangko, Sahuni melalui Kaur Keuangan, Mon Helori, ST saat dikonfirmasi radarbengkuluonline.com mengatakan, sesuai dengan kesepakatan yang dilahirkan dalam musyawarah bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tokoh masyarakat Desa Lubuk Bangko tempo hari, untuk DD tahap I digunakan untuk peningkatan JUT sepanjang 550 meter.

"Tahap I kita fokus menyelesaikan kegiatan peningkatan JUT sepanjang 550 meter. 5 item lainnya akan direalisasikan tahap II dan tahap III," kata Mon Helori saat dihampiri di Kantor Desa Rabu,(2/6) kemarin.

Dijelaskannya, sejauh ini material untuk peningkatan JUT sepanjang 550 meter tersebut sudah diorder (dalam pesanan). Kemungkinan besar dalam waktu dekat ini material tersebut sudah berada di lokasi pembangunan. Setelah material siap, selanjutnya Pemdes segera menjadwalkan kegiatan titik nol untuk memulai pekerjaan. "Sekarang kita masih menunggu pesanan material dari pihak penyedia. Kita berharap dalam waktu dekat ini material sudah siap. Dan pekerjaan langsung dikerjakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK)," demikian jelasnya.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait