Sapuan-Wasri Mulai Garap Internet Gratis di Desa

Senin 07-06-2021,18:30 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Salah satu Program Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Sapuan - Wasri yaitu menyediakan layanan internet gratis per titik per desa. Meski mereka baru menjabat sekitar 100 hari, informasi terbaru, program tersebut sudah mulai digarap.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko, Drs. H. Bustari Maller, M.Hum melalui Kabid Aplikasi dan Informatika, Yunaldi Asri saat dihubungi RBO  di ruang kerjanya Senin (7/6).

Dijelaskan Yudi -sapaan akrab Yunaldi-, pihaknya saat ini tengah melakukan survei titik koordinat kantor desa dan atau balai desa yang akan dijadikan pusat layanan internet gratis bagi masyarakat. "Dua kecamatan, Air Manjuto dan XIV Koto atau 16 desa sudah tuntas kita survei. Sekarang masih berjalan ke kecamatan lain," kata Yudi.

Setelah survei dilakukan, langkah selanjutnya Diskominfo akan menggarap proposal dan diajukan kepada PT. Indonesia Comnets Plus selaku provider atau penyedia jasa layanan internet. "Rencananya, Pemkab akan bekerjasama dengan provider internet PT. Indonesia Comnets Plus. Mereka ini anak perusahaan PLN. Ada produk layanan internet mereka namanya "ICON+". Sambungan internet kabel. Perusahaan ini memanfaatkan tiang listrik sebagai jaringan layanan mereka," papar Yudi.

Kata Yudi, Bupati mengedepankan azas manfaat dari program layanan internet gratis per titik per desa ini. Tidak ingin hanya program terlaksana saja. Maka, layanan internet yang disediakan juga jaringan internet yang mumpuni. "Makanya kita cari provider yang bisa menyediakan jaringan internet kabel sampai ke pelosok. Internet kabel lebih stabil, minim gangguan. Tujuannya, internet gratis nanti betul-betul bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Ditambahkannya, pada tahun ini Diskominfo akan menyelesaikan survei serta tahapan awal terlebih dulu. Realisasinya diupayakan pada tahun 2022. "Lebih cepat kita selesaikan tahapan awal, lebih cepat program internet gratis ini berjalan. Kemudian, informasi yang kami terima, PT. Indonesia Comnets Plus ini baru akan mengakomodir 4 kecamatan, Lubuk Pinang, V Koto, Air Manjuto, dan XIV Koto. Survei 4 kecamatan ini, kita tuntaskan tahun ini. Langkah selanjutnya kita tunggu instruksi atasan," pungkas Yudi. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait