3.224 Berkas CPNS Kemenkumham Memenuhi Syarat, Formasi Penjaga Tahanan Banyak Diminati

Rabu 04-08-2021,18:59 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Data CPNS di Kemenkumham Bengkulu sebanyak 4.406 berkas  sudah diverifikasi. Diantaranya dua kategori formasi jabatan untuk pelamar SLTA, yakni penjaga tahanan yang banyak diminati sebesar 4.044. Sedangkan formasi jabatan pemeriksaan keimigrasian hanya sebanyak 362. Dari jumlah itu terinci sebanyak 3.224 berkas sudah memenuhi syarat. Sedangkan sebanyak 1.182 berkas tidak memenuhi syarat hingga para peserta dapat melakukan sanggahan.

Kadiv Administrasi Kemenkumham Bengkulu, Johan Manurung mengatakan, pihaknya masih menunggu jadwal terbaru dari Kementerian pusat. "Kita masih menunggu jadwal atau instruksi terbaru dari pihak pusat. Yang jelas semua berkas sudah diverifikasi, maka itu ada masa sanggahan," paparnya kepada radarbengkuluonline.com  Rabu (4/8).

Ia juga mengakui saat ini, di Bengkulu sebenarnya juga kekurangan tenaga kesehatan untuk ruang lingkup kewenangan Kanwil Kemenkumham. Pasalnya, tidak di semua Lembaga Kemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan) yang memiliki tenaga medis lengkap.

“Sebenarnya kita ini juga masih membutuhkan tenaga-tenaga medis untuk di Lapas. Saat ini kan baru ada 2 dokter. Satu di Lapas Curup, dan di Rutan Bengkulu. Sedangkan di Bentiring sendiri belum ada. Hanya ada perawat di sana. Apalagi saat ini Covid. Idealnya itu ada satu perawat, satu bidan, dan satu dokter. Apalagi untuk Lapas Perempuan, itu juga idealnya ada bidan. Kan saat ini belum ada bidannya,” sampai Johan.

Disisi lain, Kepala Divisi Pemasyarakatan Ika Yusanti menuturkan bahwa masih ada kekurangan tenaga penjara di Lapas yang ada di Bumi Rafflesia. Pasalnya dengan ribuan warga binaan. pihaknya cukup kewalahan dengan pengawasan.

“Kalau kita bicara soal ideal itu, satu penjaga itu mengawasi 10 warga binaan. Kalau sekarang jumlah penghuninya 2.630 an. Jika kita lihat di Lapas yang paling besar. Yakni di Lapas Bentiring yang penjaga hanya 12 orang. Artinya satu orang itu kalau penghuninya 700, maka satu pegawai itu mengawasi puluhan warga binaan. Memang ini belum mencukupi, namun dengan diberi 13 kuota saja kita sudah mensyukuri. Pastinya secara bertahap untuk kedepannya pemerintah juga akan menambah untuk ini,” ungkap Ika.

Provinsi Bengkulu memiliki 6 Lapas dan dua Rutan. Diantaranya, Lapas kelas IIA Bengkulu, Lapas kelas IIA Curup, Lapas kelas IIA Manna, Lapas Kelas IIA Arga Makmur, Lapas Perempuan kelas IIB Bengkulu, LPKA kelas II Bengkulu, Rutan Kelas IIB Bengkulu, Rutan Kelas IIB Manna. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait